Site icon Universitas Diponegoro

Ayu Sabrina (Wisudawan UNDIP): Setiap Orang Berhak untuk Merdeka dalam Berprestasi

“Setiap orang berhak untuk merdeka dalam berprestasi, baik itu dalam aspek akademik maupun non-akademik. Terpenting ialah berani berkembang dan berproses serta bertanggung jawab atas pilihan. Fokus pada akademik itu penting, namun juga perlu diseimbangi dengan kemampuan berorganisasi serta bersosialisasi” tutur Ayu Sabrina peraih IPK 3.86 yang di wisuda pada Wisuda ke-167 dari Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Selain fokus pada kegiatan akademik, Ayu turut aktif menjadi public speaker, berkecimpung dalam dunia organisasi dan pengabdian masyarakat, kerja part-time, konten kreator, serta beberapa kali magang dan terlibat aktif dalam program Kampus Merdeka.

“Saat awal kuliah saya pernah menuliskan mimpi ‘Ingin keliling Indonesia berbekal prestasi, syukur-syukur sampai luar negeri’.  Dan ternyata, Undip menjembatani mimpi tersebut melalui penyediaan dana delegasi untuk mahasiswa yang ingin berkompetisi. Selama studi di Undip, saya banyak mendapatkan kesempatan bertemu orang-orang baru yang super hebat, mengikuti kegiatan bereputasi dan bergengsi di kancah nasional dan internasional. Bahkan para dosen serta segenap tenaga kependidikan Undip turut mendukung penuh kegiatan positif mahasiswanya” lanjutnya.

Banyak prestasi yang diraih Ayu, antara lain Gold MedalAdvanced International Global Competition (AIGC) Singapore” (2019); Juara 1 Lomba Esai Nasional (2019) dan Juara 2 Lomba Esai Jateng-DIY (2019); Delegasi Jawa Tengah dalam “Great Indonesia Leader Summit” (2019); 3rd Winner Essay Competition Voice for Voiceless (2020); 2nd Winner World Humanitarian Day Contest (2020); Youth Exchange Program 3 Weeks and 3 Countries (2020); Delegasi Indonesia dalam World Peace International Forum (2020); Delegasi Indonesia dalam “The 5th China-ASEAN Youth Summit” (2021); Delegasi Indonesia dalam “International Students Virtual Mobility Program” (2021); Kampus Mengajar Angkatan 1 (Maret – Juni 2021); Studi Independen Bersertifikat Menjadi Eksportir Baru 4.0 (2021); Narasumber “Festival Kampus Merdeka 2021” Bersama Presiden RI dan Mendikbudristek (Juni 2021); Pertukaran Mahasiswa Konsorium Merdeka Belajar (KMB-3PT Semester Ganjil 2020/2021: Undip-Unhas-Unpad); dan Penerima Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua (Mendikbud Ristek) di Rochester Institute of Technology dan Pradita Univeristy (2021). (Lin-Humas)

Exit mobile version