Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021/2022,  Radhita Alviani  (Mahasiswa Antropologi Sosial) yang diterjunkan di lokasi Desa Sumbersari, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo melaksanakan  program kerja berupa sosialisasi mengenai Studi Konstruksi Sosial Pola Pengasuhan terhadap Balita Stunting.

Radhita mendapat kesempatan menjadi pemateri pada kelas ibu dan balita di Aula Balai Desa Sumbersari yang dihadiri oleh kelompok sasaran Ibu dan Balita Stunting, Kader Kesehatan Desa dan satu Dokter Puskesmas.

Dalam paparannya terdapat beberapa konstruksi sosial yang berkaitan erat dengan balita stunting ditinjau dari pola asuh dan pemenuhan gizi anak maupun pemaknaan sehat/sakit pada balita. Dari segi pengetahuan gizi balita di perdesaan misalnya, pengetahuan bahwa balita mereka memiliki gizi bermasalah bisa diterima oleh ibu dan anggota keluarga yang lain tetapi  pengetahuan mengenai makanan sehat untuk bayinya belum masuk dalam koridor nilai yang dianggap berharga oleh mereka.

Sementara, dilihat dari konstruksi sosial mengenai pengetahuan tentang balita stunting, terdapat anggapan bahwa anak yang pendek asal bisa beraktivitas seperti biasa masih dianggap sehat serta kurangnya kesadaran mengenai anaknya yang pendek dan kekurangan gizi, sehingga menganggap pola pemberian makan kepada anaknya pun dalam taraf cukup.

Secara nyata akan tampak bahwa pemenuhan gizi balita yang seharusnya bisa terpenuhi dengan kondisi ekonomi keluarga yang mampu, ternyata tidaklah cukup membuktikan bahwa ekonomi yang baik turut berperan dalam pemenuhan gizi balita. Hal ini disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang cukup lama akibat orang tua/keluarga tidak tahu dan belum sadar untuk memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi anaknya.

Adapun program KKN lainnya adalah melakukan program multidisiplin Sosialisasi Anti Narkoba  di SD Sumbersari dan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat sekaligus meliput pelaksanaan tradisi kenduri yang dilaksanakan di situs Balabak Sumbersari sebagai bahan video profil sosial budaya dan kearifan lokal Desa Sumbersari. (Lin-Humas)