Sebagai upaya meningkatkan kompetensi pengetahuan dosen dalam melakukan pendampingan dan memverifikasi pengajuan paten di Universitas Diponegoro dan dalam rangka meningkatkan jumlah paten terdaftar, Direktorat Inovasi dan Kerja Sama Industri bersama dengan Biro Inovasi dan Kerja Sama Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan “ Training of Trainer Pendamping Paten dan Patent Drafting Camp” pada hari Kamis-Jum’at, 28-29 Juli 2022 di hotel Grand Wahid, Salatiga yang diikuti oleh 68 peserta dari kalangan dosen/peneliti dan inventor dari seluruh fakultas di lingkungan Universitas Diponegoro.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kerja Sama Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. mewakili Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. yang dalam sambutannya agar para dosen/ peneliti/ inventor di Undip dapat didampingi dan dikawal oleh tim Inovasi (Direktorat Inovasi dan Kerja Sama Industri serta Bagian Inovasi) sehingga dapat meningkatkan Hak Kekayaan Intelektual di Universitas Diponegoro. Diharapkan juga paten-paten yang ada sekarang akan  memiliki nilai ekonomi kedepannya.

Dalam laporan kegiatan oleh Drh. Dian Wahyu Harjanti, Ph.D., menyampaikan bahwa meskipun sosialisasi mengenai paten sudah dilaksanakan di tingkat universitas dan fakultas yang bekerja sama dengan DJKI, namun kegiatan pendampingan/pembimbingan secara langsung bagi para peneliti untuk menyempurnakan penyusunan spesifikasi berkas pandaftaran paten sangat diperlukan. Dengan menyusun draft paten yang sesuai dengan ketentuan diharapkan pada pemeriksaan substantif bisa berjalan lancar dan tidak ada revisi. Dengan tingginya animo pendaftaran paten, maka diadakan “Training of Trainer Pendamping Paten” bagi Inventor yang telah memiliki Paten Granted yang diharapkan akan mendampingi bapak/ibu dosen yang lain untuk membuat draf paten yang sesuai bidang ilmu di setiap fakultas masing-masing.

Drs. Said Nafik, M.Si sebagai salah satu narasumber,  menyampaikan tentang Dasar-dasar Paten , Dasar Hukum, Invensi yang boleh dan tidak boleh di patenkan, Masa Perlindungan dan Teknik penulisan Drafting Paten. Dalam “Training of Trainer Pendamping Paten“ ini sebanyak 21 dosen dibimbing langsung oleh 6 orang narasumber dari DJKI, yaitu Drs. Said Hafik, M.Si., Ir. Hotman Togatorop, Virda Septa Fitri, S.T., M.L.S., M.H., Dra. Johani Siregar, Apt., Faisal Syamsuddin, S.T., M.T., Ir. Ikhsan M.Si. Dan dalam kegiatan “Training of Trainer Pendamping Paten dan Patent Drafting Camp“ yang diikuti oleh 21 peserta dan 47 peserta Patent Drafting Camp diperoleh 49 draft paten siap didaftarkan.

Dengan adanya acara ini diharapkan paten yang didaftarkan akan meningkat dari sisi kuantitas dan kualitasnya karena di Universitas Diponegoro didukung oleh ekosistem riset yang baik dan pendanaan dari APBN dan Non APBN. Segenap panitia berharap materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat bermanfaat bagi seluruh peserta Training of Trainer Pendamping Paten dan Paten Drafting Camp. (Admin-RM)