Universitas Diponegoro baru saja selesai menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru. Mulai dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) yang dselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) hingga Ujian Mandiri untuk jalur S1 yang dikelola mandiri oleh UNDIP.

Animo untuk mendaftar kuliah di Universitas Diponegoro sangat tinggi. Tercatat 157.872 peminat yang mendaftar kuliah di Undip, mulai dari jalur SNMPTN, SBMPTN, UM (SBUB, IUP, UM dan UM Kemitraan). Hal tersebut tidak lepas dari prestasi dan raihan Undip sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Terlebih Universitas Diponegoro menjadi kampus nomor satu yang lulusannya cepat memperoleh pekerjaan versi QS Ranking. Dari pendaftar tersebut, 12.247 diterima menjadi mahasiswa Undip.

Dari semua calon mahasiswa yang diterima di Universitas Diponegoro beberapa diantaranya diterima dari dari program KIP-K. Kepala LP2MP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) Undip, Prof. Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA menjelaskan, , “Universitas Diponegoro turut mendukung pemerintah dalam program bantuan pendidikan melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. KIP Kuliah Merdeka adalah bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada siswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi”.

“Dengan adanya program KIP-K semua siswa berhak melanjutkan kuliah di kampus impian dan memiliki kesempatan yang sama untuk diterima di fakultas favorit. Bahkan Fakultas Kedokteran yang merupakan fakultas favorit yang banyak diminati juga menerima calon mahasiswa dari program KIP-K. Biaya pendidikan di Fakultas Kedokteran terbilang tinggi, mengingat fasilitas dan alat kelengkapan untuk praktek mahasiswa Fakultas Kedokteran bernilai tinggi. Namun demikian, Fakultas Kedokteran Undip tetap menerima calon mahasiswa dari program KIP-K dengan syarat nilai hasil tes masuk atau ujian tinggi sesuai dengan standar kelulusan.”

UNDIP ditahun 2022 ini menerima 1504 mahasiswa dengan KIP-K, yang tersebar ke semua prodi S1 dan S1 terapan, termasuk di prodi-prodi di Fakultas Kedokteran.

UNDIP juga memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa yang berminat untuk kuliah di FPIK, 47 mahasiswa berhasil lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Empat puluh tujuh beasiswa tersebut tersebar pada Prodi Aquakultur 6 orang, Prodi Ilmu Kelautan 6 orang, prodi  Manajemen Sumber Daya Perairan 8 orang, Prodi Oceanografi 9 orang, Prodi Perikanan Tangkap 13 orang, Prodi Teknologi Hasil Perikanan 5 orang.(Ut/Lin-Humas)