Sustainable Development Goals (SDGs) sudah menjadi paradigma baru arah pembangunan negara-negara di dunia. Pembangunan lingkungan menjadi salah satu pilar dalam 17 target SDGs. Sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan sebagai penyangga seluruh kehidupan dapat dicapai dengan adanya kontribusi dari semua aspek.

Dalam upaya menyusun rencana aksi implementasi kampus hijau dan berkelanjutan Universitas Diponegoro (Undip), Kantor Pemeringkatan Undip telah menyelenggarakan Workshop dengan tema “Perancangan Rencana Aksi Fakultas dan Universitas terkait Sustainable Development Goals dan Pengembangan Kampus Hijau sebagai Dukungan Peningkatan Indikator Academic Reputation pada Pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) dan Times Higher Education (THE) Tahun 2022-2024” pada Senin, tanggal 08 Agustus 2022 pukul 08.30 WIB bertempat di Rama Shinta Ballroom Patra Semarang Hotel & Convention.

Pada Workshop ini turut dihadiri oleh Rektor Undip, Ketua Senat Akademik, Ketua Majelis Wali Amanat, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas dan Sekolah, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Undip, Kepala dan Wakil Kepala Kantor Pemeringkatan Undip, serta turut mengundang Chairperson UI Greenmetric World University Rankings Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc.

Chairperson UI Greenmetric World University Rankings Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., saat menyampaikan paparan materinya

Rektor Undip yang diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc,. membuka acara dan pada sambutannya menyampaikan tentang urgensi pencapaian kampus hijau dan berkelanjutan Undip. Menurut Prof. Ambar isu mengenai SDGs sudah menjadi isu penting dan saat ini isu mengenai lingkungan sudah menjadi perhatian kampus-kampus di Indonesia dan dunia.

“Persoalannya tidak simple, kompleks, dan multidimensi. Namun, kita semua paham pencapaian 17 Goals SDGs serta pengembangan kampus hijau sebagai implementasi pengembangan lingkungan yang berkelanjutan ini sudah menjadi current issue. Kita bisa melihat bahwa saat ini sudah banyak sekali kampus-kampus yang sudah memperhatikan lingkungannya.” ucap Prof. Ambar.

Saat ini Perguruan Tinggi di Indonesia dan dunia sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan kampus hijau yang berkelanjutan. Selain itu, Prof. Ambar mengungkapkan calon mahasiswa melihat Perguruan Tinggi tidak hanya dari peringkatnya saja, namun juga mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan Perguruan Tinggi tersebut.

“Calon mahasiswa melihat kampus itu tidak hanya dari rankingnya, tetapi juga kampus yang nyaman, aman, dan membuat betah tinggal di kampus. Jadi dari sisi pengelolaan lingkungannya yang asri, itu menjadi salah satu pertimbangan. Oleh karena itu kampus yang tidak memperhatikan pengelolaan lingkungan, maka akan menjadi sangat ketinggalan.” jelas Prof. Ambar.

Prof. Ambar menambahkan bahwa Undip sudah menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang sangat serius untuk mengelola lingkungannya. “Kita laporkan bahwa di Undip ini kita sudah sangat serius untuk mengelola lingkungan kita agar bisa menjadi kampus yang tidak hanya sekadar label kampus hijau, tetapi kampus yang memang benar-benar asri, nyaman, dan aman, sehingga dapat membuat betah tinggal di kampus.” tuturnya.

Lebih lanjut, Prof. Ambar berharap dengan diselenggarakannya Workshop ini masing-masing Fakultas/Sekolah dapat saling bersinergi dan berkoordinasi untuk tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. “Kita mengadakan Workshop untuk berkoordinasi dengan kebijakan dan program Fakultas dan Sekolah, khususnya terkait dengan program dan kegiatan apa saja yang kedepan akan dilakukan terkait dengan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dua narasumber yaitu Chairperson UI Greenmetric World University Rankings Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., yang menjelaskan mengenai strategi pencapaian kampus hijau dan pemeringkatan di UI Greenmetric World University Rankings dan Sekretaris Majelis Wali Amanat Undip Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Phil., yang menyampaikan strategi Undip dalam mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan pemeringkatan THE Impact Rankings.

Kemudian Workshop dilanjutkan dengan pemaparan dan pembahasan mengenai rencana aksi dari 11 Fakultas dan 2 Sekolah di lingkungan Undip untuk peningkatan UI Greenmetric World University Rankings dan THE Impact Rankings 2022 oleh masing-masing Dekan Fakultas/Sekolah.