,

Pertama Setelah Pandemi, UNDIP Gelar Upacara PMB Luring

Mengawali tahun ajaran baru tahun akademik 2022/2023, Universitas Diponegoro melaksanakan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dilakukan secara luring di Stadion Universitas Diponegoro, Tembalang (12/9). Kegiatan dilaksanakan dua tahap, tahap I pukul 09.00 – 11.00 WIB dan tahap II pukul 15.30 – 17.00 WIB.

Upacara penerimaan mahasiswa baru tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Terkait pencegahan penyebaran Covid-19, Undip memberikan ketentuan bagi mahasiswa baru sebelum memasuki stadion mahasiswa menyerahkan print out sertifikat vaksin booster/peduli lindungi dan hasil antigen bagi yang belum vaksin booster. Untuk mahasiswa baru peserta upacara  dibagikan pula konsumsi yang berisi makanan dan vitamin juga paket kesehatan berisi masker, handsanitizer dan tisu basah.

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. dengan tegas melarang kegiatan perploncoan untuk mahasiswa baru karena hal tersebut bukan sebagai bagian membentuk dan mendidik mahasiswa yang berkarakter. Kegiatan akan difokuskan pada pengenalan kampus dengan menyelengarakan serangkaian acara PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru). PKKMB merupakan wahana untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru.

Materi pengenalan kampus diantaranya wawasan kebangsaan dan bela negara; pembinaan gerakan nasional revolusi mental; kesadaran lingkungan hidup dan mitigasi/kesiapsiagaan bencana di perguruan tinggi, budaya etika, dan norma-norma kehidupan kampus; pendidikan karakter; dan orientasi diponegoro muda. (Lin-Humas)

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait