Untuk pertama kali Universitas Diponegoro melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI secara luring pasca pandemi. Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Universitas Diponegoro  menggelar upacara pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih yang diikuti oleh seluruh civitas akademica di lingkungan Universitas Diponegoro secara luring, bertempat di Stadion Universitas Diponegoro, Tembalang, Rabu (17/8).

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. selaku Pembina Upacara menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem  Anwar Makarim. Dalam pidatonya Nadiem mengatakan bahwa perjuangan menggapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Khususnya pada tahun ini, kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Semangat tersebut saat ini sedang kita buktikan bersama melalui presidensi G20 tahun 2022, dengan peran besar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan, Teknologi dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar. Kita telah memberikan bukti bahwa upaya untuk memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai program dukungan beasiswa. Kita juga telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat, yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka.

Mendikbudristek melalui pidato yang dibacakan oleh Rektor mengucapkan selamat memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Khususnya bagi para pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh tanah air. “Mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar”.

Selanjutnya Prof. Yos menuturkan Undip masih selalu di 5 besar universitas terfavorit bahkan di SNMPTN tahun 2022 berada pada urutan 2 terfavorit. “Undip ke depan, Undip yang gagah dan sejahtera tergantung pada upaya kita. Saya teringat suatu prasasti di Gedung Olahraga Jawa Tengah yang tertulis kata-kata indah ‘kegemilanganmu di masa depan tergantung apa yang engkau lakukan hari ini’. Maka apabila kita ingin Undip makin munawaroh, makin bercahaya, makin rahmatan lil alamin, mari kita mulai dengan hal-hal sederhana dahulu misalnya dengan menjalin kerukunan dengan teman-teman , menciptakan Undip yang santun dan penuh kasih sayang” pungkas Rektor.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga penganugerahan tanda kehormatan dan piagam penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian sehingga dapat dijadikan contoh bagi setiap pegawai lainnya, penghargaan dosen di bidang riset serta mahasiswa berprestasi di lingkungan Universitas Diponegoro. (Lin/Ut-Humas)