Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (FKM Undip) bersama dengan Kantor Pemeringkatan Undip telah menyelenggarakan Talkshow Ben Connect: Konsolidasi Alumni FKM Undip dengan tema “Peningkatan Branding Alumni dan Indikator Employer Reputation” pada Jum’at tanggal 19 Agustus 2022 pukul 19.00 WIB secara daring melalui platform Zoom meeting.

Talkshow dihadiri oleh Dekan FKM Undip beserta jajarannya, Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Kantor Pemeringkatan Undip, dan para alumni FKM Undip. Serta turut mengundang beberapa narasumber antara lain Kepala Dinas Kesehatan Prov. Jateng Yunita Dyah Suminar, S.KM., M.Sc., M.Si., Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Keluarga dan juga Pelaksana Tugas Deputi Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indra Gunawan, S.KM., M.A., Wakil Ketua IKA FKM Undip Ulin Ni’am, S.KM., Faculty Member IPSR Mahidol University Dyah Anantalia Widyastari, S.KM., M.Kes., Ph.D., Occupational Safety and Health (OSH) Specialist JAPFA M. Fadri Al Baihaqi, S.KM., M.H.

Dalam pidato pembukanya Dekan FKM Undip Dr. Budiyono, S.KM., M.Kes., mengungkapkan bahwa peran alumni sangat strategis untuk peningkatan reputasi dan networking. Menurutnya, peningkatan reputasi dan networking dapat bermanfaat sebagai penyedia informasi lowongan pekerjaan dan informasi magang untuk mahasiswa. “Peran-peran alumni saya pikir sangat strategis untuk peningkatan reputasi dan networking. Jadi nanti bisa kita gali dari narasumber.” jelasnya.

Dekan FKM Undip Dr. Budiyono, S.KM., M.Kes., saat menyampaikan pidato sambutan.

Dr. Budiyono berharap dengan diselenggarakannya talkshow ini dapat meningkatkan branding dari FKM Undip. “Mudah-mudahan acara ini bisa memberikan branding FKM Undip yang lebih baik di tingkat nasional maupun internasional. Kemudian juga bisa meningkatkan atau mendukung pemeringkatan Undip dalam berbagai bidang.” ucap Dr. Budiyono.

Talkshow yang dimoderatori oleh Ketua Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Undip Aditya Kusumawati, S.KM., M.Kes., ini dilanjutkan dengan paparan materi oleh Kepala Kantor Pemeringkatan Undip Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si. mengenai kondisi terkini dari pemeringkatan Undip.

Prof. Denny menjelaskan FKM Undip menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari branding Undip. “Terkait dengan kondisi terkini dari Undip, ada beberapa hal yang bisa kita diskusikan bersama dan terkait FKM Undip menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan terkait branding Undip. Konsolidasi alumni ini bisa meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU). Indikator Kinerja Utama (IKU) Undip saat ini ada delapan, dari delapan itu ada enam yang merupakan kontribusi dari alumni.” jelasnya.

Senada dengan Dr. Budiyono, Prof. Denny mengungkapkan bahwa peran alumni menjadi sangat penting untuk kemajuan Universitas menuju World Class University (WCU). “Kenapa konsolidasi alumni menjadi sangat penting, itu dalam rangka mencapai visi Undip. Selanjutnya peran dari alumni ini akan kami harapkan mulai dari 3 tahun terakhir, kita akan menjalani salah satu fase dari WCU.” ucap Prof. Denny.

Kepala Kantor Pemeringkatan Undip Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si. saat menyampaikan materi mengenai kondisi terkini dari pemeringkatan Undip.

Prof. Denny menambahkan peran dari alumni menjadi sangat vital karena alumni turut mempunyai kontribusi yang besar untuk Undip. “Kita nantinya akan menjadi WCU, Universitas Riset, dan PTN-BH, disinilah peran alumni sangat dominan, oleh karena itu tanpa adanya sumbangsih, dorongan, dan kontribusi dari alumni, kita sepertinya akan sulit untuk mencapai 3 status tersebut.” tuturnya.

Berkat kontribusi Alumni dan civitas akademika Undip, saat ini Undip sudah menjadi salah satu Perguruan Tinggi ternama di Indonesia dan dunia. “Universitas kita saat ini sudah sejajar dengan Universitas yang dulu di atas kita. Dengan kontribusi para alumni dan kontribusi semua civitas akademika ini, Undip sudah pada posisi on the track atau dimana kita selalu ingin menunjukkan bahwa kualitas pendidikan yang ada di Undip maupun serapan lulusan dari Undip itu betul betul sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Hal ini terbukti dari hasil-hasil yang dinilai secara nasional maupun internasional.” pungkas Prof. Denny.