Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan yang diadakan oleh Balatkop Dinkop Jateng bersama Bio Hadikesuma Management Training Center dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM. Satu di antaranya, Maria Leoni alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip adalah pemilik Tenun Kainratu di Jepara. Usaha yang dibangun oleh Muhammad Hamdan dan Maria Leoni ini mampu menghasilkan omset 2x dari tahun sebelumnya, usai mengikuti pelatihan dari Balatkop yang digelar di Kudus dan Solo beberapa waktu lalu.

Dalam pelatihan itu, Leoni dan UMKM lain diajarkan tentang pembenahan sejumlah kesalahan yang dilakukan dalam mengelola usaha, pencatatan keuangan dan menghitung neraca laba rugi sebuah usaha. Leoni mendapatkan banyak ilmu dari menentukan harga pokok produksi, riset pasar untuk menentukan segmen customer, pencatatan keuangan hingga membuat target penjualan.

“Sebenarnya empat poin itu sudah sering dilakukan, namun ternyata masih banyak kesalahan yang tidak disadari sehingga membuat kerugian dalam usaha. Setelah pelatihan kita benar-benar langsung memperbaiki semuanya” kata Leoni, Minggu (23/8/2022).

Tak hanya mendapat banyak ilmu, Leoni dan UMKM lainnya mengaku langsung diajari praktek penerapan ilmu Keuangan. Usai mendapat pelatihan, omset usahanya kini pun mengalami peningkatan. Mulai dari kenaikan jumlah pesanan dan juga omzet yang terus meningkat setiap bulannya.

Leoni kini pun sedang berjuang agar bisa memberdayakan lebih banyak penenun dan masyarakat di sekitar desa troso yang mata pencaharian utamanya menenun. Dirinya juga berharap jika pelatihan ini bisa terus diselenggarakan. Balatkop Provinsi Jawa Tengah sendiri terus meningkatkan UMKM dengan menggelar pelatihan di seluruh wilayah Jawa Tengah. Pelatihan ini berkolaborasi dengan BHMTC dan sejumlah elemen lain.