Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip) telah menyelenggarakan International Conference on Information Technology, Computer, and Electrical Engineering ke-9 tahun 2022 (ICITACEE 2022). ICITACEE ke-9 tahun 2022 ini diadakan pada Kamis, 25 Agustus 2022 sampai dengan Jum’at, 26 Agustus 2022 secara luring di Hotel Aston Semarang dan secara daring melalui platform Zoom meeting.

Pada ICITACEE 2022 kali ini dihadiri oleh Dekan FT Undip beserta jajarannya, Ketua Departemen Teknik Elektro FT Undip, dan peserta konferensi internasional, serta turut mengundang beberapa narasumber antara lain Prof. Thrishantha Nanayakkara, Ph.D., C.Eng. dari Imperial College London, Inggris, Assoc. Prof. Dr. M. Nadzir Marsono dari Universiti Teknologi Malaysia, Ir. Warih Andang Tjahjono, M.T. yang menjabat sebagai President Director of Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan Assoc. Prof. Agung Budi Prasetijo S.T., M.I.T., Ph.D. dari Universitas Diponegoro.

Dekan FT Undip Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., dalam pidato pembukanya menyambut baik seluruh peserta konferensi internasional ini. “Dengan senang hati kami menyambut semua peserta ICITACEE ke-9 tahun 2022 di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. ICITACEE 2022 merupakan salah satu acara unggulan di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, yang diselenggarakan dengan bangga oleh Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.” ungkap Prof. Agung.

ICITACEE 2022 mengambil tema “Electrical Engineering and Information Technology for Achieving Sustainable Development Goals”. ICITACEE sendiri merupakan konferensi internasional tahunan yang diadakan oleh Departemen Teknik Elektro dan Departemen Teknik Komputer FT Undip yang bertujuan untuk menyediakan forum internasional bagi para peneliti, akademisi, profesional, dan mahasiswa dari berbagai bidang teknik dan lintas disiplin ilmu penelitian khususnya di bidang teknologi informasi, sistem komputer, dan teknik elektro untuk saling berinteraksi dan menyebarluaskan isu dan kemajuan terkini.

Menurut Prof. Agung, ICITACEE 2022 memiliki peran yang penting untuk mendorong penelitian yang kolaboratif diantara para peserta sehingga dapat memberikan dampak bagi tujuan pembangunan berkelanjutan, serta juga mendukung tujuan Undip sebagai Universitas Riset yang Unggul.

“Suatu kehormatan bagi kita semua bahwa konferensi ini dihadiri oleh banyak sarjana, insinyur, peneliti, dan mahasiswa dari 10 negara yang berbeda di luar negeri dengan makalah pilihan yang berkualitas tinggi. Makalah dalam konferensi internasional ini akan diusulkan untuk terindeks dalam database bereputasi seperti IEEE Xplore, maka output konferensi ini akan meningkatkan publikasi ilmiah kita secara global.” jelas Prof. Agung.

Lebih lanjut Prof. Agung berharap konferensi internasional ini dapat menjadi forum ilmiah untuk menjawab berbagai tantangan di dunia. “Saya berharap konferensi ini dapat menjadi forum yang berharga dalam bidang teknologi informasi, sistem komputer, teknik elektro, dan berbagai penelitian lintas disiplin untuk menjawab tantangan global.” tuturnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia ICITACEE 2022 Dr. Darjat, S.T., M.T. mengungkapkan bahwa ICITACEE 2022 telah menerima makalah dari 15 negara dan akhirnya terpilih makalah-makalah penelitian terbaik dari penulis yang berasal dari 11 negara, antara lain Indonesia, Jerman, Inggris, Korea Selatan, Arab Saudi, India, Thailand, Malaysia, Filipina, Kamboja, dan Pakistan.

Selain itu, terdapat 102 makalah penelitian yang diajukan pada konferensi internasional ini. “Total ada 102 makalah yang diajukan ke konferensi ini. Setiap makalah penelitian yang diterima telah direview dengan cermat dan selektif oleh reviewer.” jelas Dr. Darjat.

Dr. Darjat menambahkan bahwa ICITACEE telah diselenggarakan sejak tahun 2014 dan pada ICITACEE 2022 kali ini mengundang empat pembicara, yaitu Prof. Thrishantha Nanayakkara (Imperial College London, Inggris), Assoc. Prof. Dr. M. Nadzir Marsono (Universiti Teknologi Malaysia), Ir. Warih Andang Tjahjono, M.T. (President Director of Toyota Motor Manufacturing Indonesia), dan Assoc. Prof. Agung Budi Prasetijo, S.T., M.I.T., Ph.D (Universitas Diponegoro). Selain itu, konferensi internasional ini didukung oleh IEEE Indonesia Section, Center of Excellence for Health Technology (CBIOM3S Undip), dan Departemen Teknik Komputer FT Undip.

Kemudian pada sesi akhir acara, diumumkan penerima Best Paper Awards pada ICITACEE 2022 antara lain untuk topik Information and Computer Technologies (Motasem S. Alsawadi dari University College London, United Kingdom), Telecommunications and Vehicular Technologies (Arina Haq dari University of Indonesia, Indonesia), Green Applications, Biomedical Engineering, and Interdisciplinary Topic (Hendra Setiawan dari Universitas Islam Indonesia, Indonesia), Power Systems (Sang Wook Kwon dari Dankook University, South Korea), dan Control and Circuits (M. N. Setiawan dari Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia).