Universitas Diponegoro (Undip) secara resmi melepas Tim Delegasi Undip pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Jawa Tengah (POMPROV Jateng) tahun 2022 pada Senin, tanggal 29 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB bertempat di Gedung Prof. Soedarto S.H kampus Undip Tembalang.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ketua Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Jawa Tengah, Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Manajer Bagian Kemahasiswaan, dan para pelatih serta atlet mahasiswa Undip.

Mewakili Rektor Undip, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. secara resmi melepas Tim Delegasi Undip dan menyampaikan bahwa prestasi olahraga sudah menjadi indikator yang digunakan oleh pemerintah dan lembaga pemeringkatan internasional sebagai salah satu capaian keberhasilan sebuah Perguruan Tinggi. “POMPROV Jateng merupakan salah satu ajang olahraga yang bergengsi untuk mahasiswa dalam meraih prestasi.” jelasnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D., saat melepas Tim Delegasi Undip pada POMPROV Jateng tahun 2022

Selain itu, menurut Prof. Faisal kegiatan POMPROV Jateng juga menjadi salah satu mekanisme untuk mengukur dan mengevaluasi pembinaan olahraga mahasiswa di lingkungan Undip maupun di tingkat Provinsi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan selama periode-periode pembinaan.

Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur mahasiswa serta dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengikuti kejuaraan atau event olahraga selanjutnya, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). “Undip akan terus fokus pada pembinaan dan akan terus bekerja sama dengan BAPOMI Jateng serta pihak terkait lainnya dalam menyediakan fasilitas, sarana, dan prasarana serta memberikan layanan yang optimal kepada mahasiswa agar menghasilkan atlet-atlet yang memiliki prestasi yang membanggakan.” tutur Prof. Faisal.

Lebih lanjut, Prof. Faisal memberi apresiasi yang tinggi kepada para atlet mahasiswa Undip dan berharap prestasi mahasiswa Undip dapat meningkat. “Ajang POMPROV Jateng ini dapat menjadi indikator seberapa jauh keberhasilan pembinaan atlet-atlet mahasiswa kita pada tingkat Provinsi. Serta satu hal yang harus dipegang teguh oleh mahasiswa sebagai kontingen Undip adalah harus tetap menjunjung asas sportifitas dan kekompakan.” ucap Prof. Faisal.

Sementara itu, Wakil Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H. dalam laporannya menuturkan bahwa kegiatan POMPROV Jateng tahun 2022 ini merupakan kegiatan 2 tahunan yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2021, namun karena pandemi Covid-19, kegiatan ini baru dilaksanakan di tahun 2022. Selain POMPROV Jateng, juga dilaksanakan kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Jawa Tengah yang merupakan kegiatan untuk cabang seni.

Wakil Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H., saat menyampaikan laporan kegiatan POMPROV Jateng tahun 2022.

Kegiatan POMPROV Jateng akan dilaksanakan dari tanggal 01 September 2022 sampai dengan tanggal 09 September 2022. Undip terpilih menjadi salah satu tuan rumah pada cabang olahraga (cabor) Karate yang akan dilaksanakan pada tanggal 01 September 2022 sampai dengan 03 September 2022 bertempat di Auditorium Imam Bardjo, kampus Undip Pleburan.

Dr. Nuswantoro menambahkan bahwa berbagai persiapan dalam menghadapi POMPROV Jateng tahun 2022 telah dilakukan oleh para pembina UKM. “Kita berkoordinasi dengan para pembina UKM, kemudian juga pelatih untuk melakukan seleksi untuk memilih atlet-atlet terbaiknya. Setelah itu, diadakan kegiatan pemusatan pelatihan selama kurang lebih 2 minggu di Stadion.” tuturnya.

“Mahasiswa yang hadir disini adalah mahasiswa-mahasiswa yang terbaik di UKM nya yang akan mewakili sebagai kontingen Undip. Oleh karena itu, saya mohon tanamkan bahwa Undip ada di dada kalian.” pungkas Dr. Nuswantoro.