Site icon Universitas Diponegoro

Peringati Dies Natalis ke-61, FK UNDIP Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak

Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) bekerja sama dengan Ikatan Alumni FK Undip (IKA MEDICA), Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), dan Perhimpunan Dokter Spesialias Mata (PERDAMI) cabang Jawa Tengah telah menyelenggarakan bakti sosial operasi katarak pada, Sabtu 27 Agustus 2022 bertempat di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND).

Kegiatan yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-61 FK Undip ini bertujuan untuk membantu menurunkan angka gangguan penglihatan dan kebutaan khususnya akibat katarak. “Katarak merupakan penyebab nomor satu gangguan penglihatan dan kebutaan baik di dunia, Indonesia maupun di Jawa Tengah. Angka kebutaan di Jawa Tengah sebesar 2,7% dan katarak sebesar 73,8% dari angka tersebut, sehingga dibutuhkan kerjasama lintas sektor dan lintas program untuk menangani masalah tersebut. Oleh karena itu, maka operasi katarak gratis ini kami lakukan.” ucap dr. Andhika Guna Dharma, Sp.M(K), FICS selaku salah satu tim dokter operasi katarak ini.

Tim dokter yang bergabung pada kegiatan ini yaitu dr. Andhika Guna Dharma, Sp.M(K)., FICS., Dr. dr. Trilaksana Nugroho, M.Kes, FISCM, Sp.M(K)., Dr. dr. Fifin L Rahmi, MS, Sp.M(K)., dr. Arief Wildan, M.Si.Med, Sp.M(K)., dr. Maharani, Sp.M(K)., dr. Riski Prihatningtias, Sp.M(K)., dr. Arnila Novitasari, Sp.M(K)., dr. Puspita Kusuma Dewi, Sp.M., dr. Riskha Pangestika, Sp.M., dan dr. Disti Hardiyanti, Sp.M., serta dibantu oleh anggota muda PERDAMI cabang Jawa Tengah yang juga mahasiswa PPDS Prodi Ophthalmology FK Undip.

Selain itu, sebanyak 10 pasien yang mendaftar pada kegiatan bakti sosial operasi katarak ini. Mereka berasal dari Kota Semarang dan luar Kota Semarang, antara lain Demak, Kudus, Salatiga, dan Kendal.

Dengan digelarnya kegiatan bakti sosial operasi katarak ini membuktikan bahwa FK Undip peduli dengan masyarakat sekitar, karena mereka mempunyai hak yang sama untuk bisa melihat sehingga tingkat kesehatan mata masyarakat menjadi semakin baik lagi.

“Harapannya dapat membantu menurunkan angka gangguan penglihatan dan kebutaan akibat katarak di Jawa Tengah. Serta kegiatan ini akan rutin dikerjakan dengan kolaborasi lintas program dan lintas sektoral yang diharapkan dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan mata masyarakat.” tutur dr. Andhika Guna Dharma, Sp.M(K), FICS., yang saat ini juga menjabat sebagai Manajer Operasional Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND).

Dies Natalis ke-61 FK Undip mengambil tema “Bersama Merajut Asa untuk Membangun Generasi Bangsa yang Peduli dan Berprestasi”. Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut menjadi salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-61 FK Undip.

Share this :
Exit mobile version