Innalillahi wa innailaihi roji’un, kabar duka menyelimuti Universitas Diponegoro (Undip) atas berpulangnya Prof. Ir. Edy Darmawan, M.Eng. ke Rahmatullaah karena sakit, pada hari Rabu, 31 Agustus 2022 pukul 16.45 WIB di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang. Beliau salah satu sosok Guru Besar Fakultas Teknik (FT) pakar di bidang perancangan kota yang menyelesaikan pendidikan S2 di Waseda University dengan Jurusan Urban Design. Beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Dekan III di tahun 1996-2000.

Menjadi Dosen Teladan I Fakultas Teknik Undip pada tahun 1991 merupakan salah satu prestasinya. Selain itu Beliau juga pernah mendapatkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 tahun di tahun 2000, Satya Lancana Karya Satya 20 tahun di tahun 2004, dan Satya Lancana Karya Satya 30 tahun di tahun 2015 yang langsung diberikan oleh Presiden Republik Indonesia.

Almarhum Prof. Ir. Edy Darmawan, M.Eng. disemayamkan di Gedung SA-MWA Undip pada hari Kamis, 01 September 2022 pukul 13.00 WIB. Dilanjutkan dengan prosesi pemakaman di Pemakaman Undip Tembalang.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama,SH.,M.Hum. bertindak selaku Inspektur Upacara Persemayaman. Prof. Yos memberikan sambutannya dan menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam atas wafatnya Prof. Ir. Edy Darmawan, M.Eng.

“Banyak hal yang telah Prof. Edy berikan kepada institusinya dan kepada keluarganya. Insyaallah Prof. Edy akan mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya. Itu gunanya ilmu yang diamalkan oleh Prof. Edy yang Insyaallah menjadi amal jariyah.” tutur Prof. Yos.

Selanjutnya Prof. Yos berpesan dan mengajak semua yang hadir untuk terus semangat dalam menggali ilmu. “Kepada kita yang saat ini masih hidup, mari kita teruskan perjuangan yang telah dilakukan oleh Prof. Edy untuk mengembangkan ilmu yang kita miliki.” pesan Prof. Yos. (Salsabil-magang Humas)

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama,SH.,M.Hum., saat menyampaikan pidatonya pada upacara pemakaman Prof. Ir. Edy Darmawan, M.Eng., Kamis (01/09) di Hall Gedung SA-MWA Kampus Undip, Tembalang