Universitas Diponegoro dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Jawa Tengah (POMPROV Jawa Tengah) Tahun 2022 dalam cabang olah raga (cabor) Karate. Kegiatan bertempat di Gedung Auditorium Imam Bardjo Undip Kampus Pleburan, dan pertandingan dilaksanakan tanggal 2 – 3 September 2022.

Dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum menyampaikan bahwa olah raga karate benar-benar membentuk performance kita bukan hanya lahir tetapi batin.

Sesuai dengan sumpah Karate yang selalu berorientasi menjaga kepribadian, sopan santun, menguasai diri, jujur, dan berprestasi yang mana hal-hal tersebut adalah sifat-sifat seorang ksatria. Hari ini para peserta akan masuk dalam dunia prestasi dan siapa pun pemenangnya, kita semua adalah pemenang bersama. Pemenang karena berani menegakkan jujuran,  pemenang karena tetap sopan santun, dan pemenang karena mampu menguasai diri. Indonesia membutuhkan orang-orang yang mampu menjaga kepribadian, menjaga kejujuran, berprestasi, tetap sopan santun, dan menguasai diri. Inilah bagian kita dari upaya bersama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terus berjuang dan berprestasi setinggi-tingginya. Kita siap untuk memfasilitasi tidak hanya di tingkat lokal, nasional, tetapi juga global, ini semua akan meningkatkan kualitas serta menjadikan Indonesia semakin kuat dan sejahtera” tutur Rektor.

Sementara dalam laporannya, Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H. menyampaikan kontingen Karate sebanyak 31 dari Perguruan Tinggi di Jawa Tengah.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah sebagai wujud pembinaan prestasi Olah Raga Mahasiswa di Tingkat Provinsi Jawa Tengah, meningkatkan prestasi atlet mahasiswa agar lebih baik prestasinya pada level yang lebih tinggi dan mengharumkan nama perguruan tinggi, serta sebagai ajang seleksi atlet mahasiswa Provinsi Jateng menuju Pekan Olah Raga Mahasiswa Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat” terangnya. (Lin-Humas)