Dalam rangka menyambut hadirnya mahasiswa baru FISIP Undip 2022, belum lama ini Biro Komunikasi dan Informasi BEM FISIP Undip 2022 membuat inovasi baru untuk mengenalkan lingkungan kampus FISIP Undip kepada mahasiswa baru dalam sebuah bentuk katalog, yaitu “KREASIP, pekan lalu. KREASIP merupakan salah satu proyek yang dibuat oleh Biro Komunikasi dan Informasi BEM FISIP Undip, yaitu Divisi Hubungan Masyarakat dan Divisi Desain Komunikasi Visual.

KREASIP ini dikerjakan oleh Naila Fitri sebagai fungsionaris Humas serta Dena Fitri dan Kharisma Kusuma sebagai fungsionaris DKV. KREASIP atau Katalog Orange FISIP ini adalah katalog yang berisikan tentang informasi-informasi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, yang berisi denah Undip dan FISIP, program studi, ormawa, gedung-gedung penting di lingkungan kampus Undip, cara meminjam dan mengembalikan buku perpustakaan, cara meminjam ruangan, ketentuan berpenampilan di kampus, dan lain sebagainya. Informasi terkait alasan FISIP Undip bisa dikatakan “Kampus Orange” pun juga terjawab dalam Kreasip ini.

Walaupun KREASIP adalah proyek dari Biro Komunikasi dan Informasi BEM FISIP Undip, tetapi di dalamnya sangat informatif karena memuat informasi diantaranya profil Dekan FISIP beserta Kepala Program Studi, denah Undip dan FISIP, profil Himpunan Mahasiswa Program Studi, Senat Mahasiswa, BEM, UPK & BSO, sampai dengan rekomendasi tempat makan di Tembalang, dan hal informatif lainnya.

Dilaksanakannya penyambutan mahasiswa baru FISIP UNDIP 2022 secara luring membuat mahasiswa baru akan lebih mengenal kampus Orange Diponegoro. Sehubungan dengan hal itu, pembuatan KREASIP dilatarbelakangi oleh mahasiswa baru yang ingin mengenal kampus Orange, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik lebih luas. Oleh karena itu, dengan dibuatnya katalog ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa baru tentang FISIP Undip.

Untuk menyebarluaskan KREASIP, BEM FISIP Undip bekerja sama dengan lima Himpunan Mahasiswa Program Studi dan juga Senat Mahasiswa FISIP Undip pada akun media sosialnya. Tidak hanya di akun sosial media ormawa itu saja, tetapi juga di akun mereka masing-masing. KREASIP pun dipublikasikan dan dibagikan kepada mahasiswa baru FISIP Undip setelah berakhirnya seluruh rangkaian PKKMB dan ODM.

Chantika, salah satu mahasiswa baru FISIP Undip 2022 dari program studi Administrasi Bisnis menyatakan bahwa Kreasip cukup membantunya untuk memahami lebih jauh mengenai FISIP Undip. “Informasi di dalam KREASIP ini lengkap banget serta template design-nya juga menarik dan sangat bermanfaat untuk maba supaya lebih mengenal kampus lebih dekat,” pungkasnya.

Jadi, buat kalian Maba FISIP Undip yang masih bingung sama denah Undip terutama denah FISIP, tunggu apalagi, kalian bisa langsung cek Kreasip melalui bit.ly/KREASIP2022 ya!. (Najwa Alaeyda by Humas BEM FISIP Undip 2022)