Demi mendukung Universitas Diponegoro (Undip) sebagai world class university, pada Senin, 5 September 2022 Fakultas Psikologi Undip bekerja sama dengan Center for Center for Career and Capacity Development Studies (CAREERS) mengadakan Kuliah Dosen Tamu Program Studi Magister Psikologi untuk mata kuliah Teknik Penulisan Ilmiah dengan tema “Developing A Thesis Proposal for Postgraduate Students”. Sasaran dalam kegiatan ini adalah mahasiswa Psikologi yang sedang menempuh pendidikan S2 yang sedang dalam fase persiapan membuat proposal tesis, dosen pembimbing tesis, serta para alumni Fakultas Psikologi Undip yang berkarir dalam bidang akademik.

Program Visiting Professor di Fakultas Psikologi Undip ini didanai oleh World Class University (WCU) Program Universitas Diponegoro 2022. Program Visiting Professor menjadi salah satu program yang dapat diandalkan oleh Undip guna meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam berbagai bidang akademik khususnya pendidikan, riset, dan inovasi dengan cara mengundang dosen tamu dari universitas di luar negeri yang masuk dalam peringkat QS 100 sebagai dosen tamu.

Pada kesempatan kali ini, dosen tamu kegiatan tersebut adalah Prof. Bora Lee dari Korea University. Prof. Bora Lee merupakan dosen aktif di Department of Education, Korea University. Korea University menempati QS Ranking 74 di tahun 2022. Prof. Bora Lee menyelesaikan gelar Ph.D nya di Pennsylvania State University pada tahun 2008 – 2013. Ia aktif sebagai research assistant sejak tahun 2004 hingga 2011 dan telah menyelesaikan Postdoctoral Scholar pada bulan Juli 2013 – Mei 2015. Fokus penelitian Prof. Bora Lee adalah pada perkembangan karier individu dalam konteks keluarga, sekolah, tempat kerja dan lingkungan sosial budaya yang lebih luas. Beliau juga aktif melakukan publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi sejak tahun 2011 hingga saat ini.

Acara visiting lecture ini dibuka oleh Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Sawitri memberikan highlight mengenai pentingnya ekplorasi terhadap literatur, proses mencatat poin-poin penting hasil riset, gap yang ditemukan, apa yang akan dilakukan, pada saat membaca artikel jurnal, dengan menuliskan sumber referensi sesuai tata tulis yang berlaku, serta pentingnya mendapatkan feedback dari dosen pembimbing maupun rekan sejawat. Dalam diskusi, Prof. Bora Lee menggarisbawai pula pentingnya menuangkan ide dalam paragraf dan membuat paragraf yang ditulis koheren. Kegiatan selanjutnya Bersama Prof. Bora Lee akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2022 berupa Workshop Publikasi Ilmiah dengan tema “Planning and Managing Research Project in Career Development Area”.