“Background saya bukan pelukis namun saya bisa melukis meskipun sebenarnya lebih ke aliran sketcher karena saya berasal dari jurusan Arsitek yang seringkali berhubungan dengan sketsa bangunan. Untuk lukisan saya menekuni aliran lukisan naturalis, sebab lukisan naturalis itu memiliki komposisi yang indah, dan biasanya maknanya mudah dimengerti dan dinikmati oleh siapa saja” ungkap Kukuh Budi Prayogo mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang meraih Juara I Cabang Seni Lukis dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jawa Tengah Tahun 2022.

Kegiatan Kukuh selain kuliah,  pernah mengikuti organisasi Rohis jurusan Arsitektur. Selain itu freelance mengerjakan proyek desain bangunan kecil-kecilan. Kompetisi yang ia raih diantaranya Juara 1 lomba kaligrafi Grobogan (2016), Juara 3 Lomba Rangcang Bangun Jembatan (LRBJ) CIVILWEEK UNS (2017), Juara 1 lomba sketsa bangunan (Artmosfest) UIN Walisongo Semarang (2020), Juara 2 lomba seni lukis Diponegoro Art Competition (2020) , Juara 2 lomba Atlantis Poster Competition HMP Geografi UMS (2020), dan Juara 1 lomba seni lukis Diponegoro Art Competition (2022).

“Saya sangat bersyukur karena berhasil menjadi juara 1 Peksimida Cabang Seni Lukis, dan mewakili Jateng di tingkat nasional atau Pekan Seni Mahasiswa Nasional. Sebelumnya saya tidak pernah menyangka akan menjadi juara, saya termasuk masih pemula terutama dalam melukis di kanvas, dengan ukuran yang lumayan besar. Tentu ini akan menjadi awal yang baik bagi saya agar selalu belajar dan terus belajar” ungkapnya.

“Saya merasa bangga bisa kuliah di Undip, salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Selama kuliah di Undip, pengalaman saya bertambah, mendapat ilmu yang bermanfaat, dan juga menambah teman dari berbagai daerah. Pendidikan sangat penting bagi kita, karena dengan pendidikan, kita bisa menjadi orang yang bijak dan bermanfaat bagi orang lain. Pendidikan tidak hanya didapatkan dari sekolah, ataupun kuliah saja tetapi bisa kita dapat darimana saja, dan dari siapa saja, asalkan pendidikan itu dapat memberi ilmu yang baik dan dapat kita terapkan. Berorganisasi juga penting karena dengan berorganisasi bisa menambah relasi, menambah wawasan, melatih jiwa kepemimpinan, jiwa toleransi, kekompakan dan manajemen” pungkas Kukuh. (Lin-Humas)