Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Bagian Patologi Klinik bekerjasama dengan IKA Medica, diketuai oleh Prof. Dr. dr. Banundari Rachmawati, SpPK(K) mengadakan kegiatan skrining anemia pada anak dan remaja, bertempat di Panti Asuhan At Taqwa Kecamatan Tembalang Kota Semarang (10/9).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka ikut menyambut Dies Natalis FK Undip. dan dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mengetahui status anemia pada anak dan remaja. Diharapkan dapat dilakukan upaya pengobatan untuk meningkatkan derajat kesehatan anak dan remaja. Anemia (kurang darah) dapat dicegah dengan peningkatan status gizi dan deteksi dini akan kebutuhan zat besi.

Rangkaian kegiatan adalah penyampaian materi Anemia oleh Dr. dr. Meita Hendrianingtyas, MSi.Med, SpPK(K), dilanjutkan pemeriksaan kadar Hemoglobin darah dan Golongan darah yang diikuti oleh semua anak dan remaja di Panti Asuhan At Taqwa, kemudian pemeriksaan lanjutan pada kelompok anak anemia untuk menentukan penyebab anemia. Acara ini hadiri oleh Kepala Bagian Patologi Klinik FK Undip dr. Dwi Retnoningrum, Sp.PK(K), Ketua Program Studi Patologi Klinik FK Undip Dr. dr. Nyoman Suci W, M.Kes., Sp.PK (K) serta dosen patologi Klinik FK Undip Dr. dr. Indranila KS, Sp.PK (K), Dr. dr. I. Edward KSL, MM, M.H.Kes.,M.Si.Med., Sp.PK(K), dr. Ariosta Sp.PK (K), Rizky Dyaz Afriana, AMd, dan Davina Kemala, SE sebagai panitia.

Share this :