International Office Universitas Diponegoro (IO Undip) melaksanakan Diponegoro International Orientation (DIO DAY) 2022 untuk menyambut mahasiswa internasional Undip Tahun Akademik 2022/2023. Acara yang diikuti oleh mahasiswa internasional Undip dari berbagai belahan negara di dunia ini dilaksanakan pada Jumat, 9 September 2022 pukul 14:30 WIB secara daring melalui Zoom meeting dan Undip TV Youtube channel.

Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D., Kepala IO Undip, menyambut para peserta yang turut hadir dalam pertemuan online ini. Anggun menyatakan bahwa pertemuan ini sebagai pertemuan awal pihak IO Undip dengan mahasiswa internasional baru, serta memberi pemahaman tentang keberangkatan mereka ke Indonesia. “I welcome you all to become part of Undip’s family, best of luck for your study and our collaboration in several years ahead,” ucap Anggun.

Acara dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh dua staf IO Undip yakni Abdul Rohman, S.Hum. dan Winda Febiana, S.Hum. Pembicara pertama, Abdul Rohman, S.Hum. memaparkan materi berjudul “Undip at a Glance”, yang berisi gambaran kawasan Undip serta lokasinya, visi dan misi Undip, indikator Undip untuk membentuk lulusan COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Thinker, Entrepreneur, Educator), serta peringkat Undip secara nasional dan internasional.

Selanjutnya, Winda Febiana, S.Hum. menjelaskan terkait flow chart untuk aplikasi visa pelajar. Setelah telex visa diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia, IO Undip akan memberikan dokumen kepada mahasiswa internasional untuk mengurus visa di Kedutaan Besar Indonesia di negaranya. Persyaratan yang dibutuhkan yaitu telex visa, study permit, statement letter by Undip, paspor, dan biaya sejumlah 150 USD.

Selain itu, IO Undip juga memberikan informasi beasiswa untuk mahasiswa internasional, antara lain Darmasiswa, Indonesian Language program (darmasiswa.kemdikbud.go.id), Kemitraan Negara Berkembang/ KNB for Master and Ph.D (knb.kemdikbud.go.id), Beasiswa Unggulan for Master and Ph.D, serta Undip’s Master Scholarship (io.undip.ac.id). (Titis – Public Relations)