Site icon Universitas Diponegoro

UNDIP Gelar Seminar untuk Tingkatkan Wawasan Kebangsaan bagi Mahasiswa

Universitas Diponegoro (Undip) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, Komando Distrik Militer 0733 Kota Semarang, dan Polsek Tembalang telah menyelenggarakan kegiatan seminar Edukasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan kepada mahasiswa dengan tema “Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Civitas Akademika Universitas Diponegoro” pada Selasa tanggal 13 September 2022 pukul 09.00 WIB bertempat di Gedung Prof. Soedarto SH, Kampus Undip Tembalang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Para Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas dan Sekolah, dan peserta seminar mahasiswa Undip. Serta turut mengundang Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Semarang, Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Kota Semarang, Komandan Kodim 0733 Kota Semarang, Kepala Unit Binmas Polsek Tembalang, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Tembalang.

Mewakili Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D. secara resmi membuka acara dan menyambut baik terpilihnya Undip sebagai tempat penyelenggara seminar tersebut.

“Undip sebagai salah satu Perguruan Tinggi ternama di Indonesia sangat berterima kasih atas inisiasi dari Kesbangpol Kota Semarang, Komandan Kodim 0733 Kota Semarang, dan Polsek Tembalang untuk berperan serta membentuk karakter bagi mahasiswa kami.” ucap Hanifa Maher.

Dengan adanya kegiatan seminar ini menjadi salah satu cara untuk memupuk rasa syukur dan kebanggaan terhadap bangsa Indonesia. “Seminar wawasan kebangsaan ini menjadi salah satu cara bagi anda untuk memupuk rasa syukur dan rasa kebanggaan yang positif terhadap bangsa Indonesia yang akan menjadi bangsa yang besar dan hebat baik dalam bidang ekonomi ataupun bidang political influence.” lanjutnya.

Hanifa Maher menambahkan bahwa kekayaan budaya negara Indonesia dengan semboyan bhineka tunggal ika merupakan aset yang berharga yang harus dijaga dan disebarkan ke generasi penerus bangsa. Serta sikap politik luar negeri negara Indonesia yang bebas dan aktif perlu ditumbuhkan pada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa Undip dan bagi bangsa Indonesia seluruhnya.” pungkasnya.

Selanjutnya seminar yang dimoderatori oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Edy Surahmad, S.Pd., M.Si. dilanjutkan dengan paparan materi beberapa narasumber, yakni Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Semarang Joko Hartono, S.STP., M.Si., Komandan Kodim 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana, S.Sos., M.M.D.S., dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Tembalang Bripka Aris Maulana, S.H.

Exit mobile version