Program Studi (Prodi) Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) bersama dengan PT. Inasentra Unisatya telah menyelenggarakan Workshop Sport Food Innovation Pemenuhan Gizi pada Atlet pada Sabtu (24/09) bertempat di Aula Prof. Satoto, Gedung Gizi Lantai 5 FK Undip.

Workshop yang mengusung tema “Scalling Up Produk Sportsfood Berbahan Dasar Pangan Lokal untuk Meningkatkan Performance Atlet” ini menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten dibidangnya serta dimoderatori oleh Dosen Gizi FK Undip, Gemala Anjani, SP., M.Si., Ph.D. Workshop ini bertujuan untuk mengedukasi betapa pentingnya keterlibatan makanan dalam tubuh manusia.

Paparan materi pertama diawali oleh Dosen Ilmu Gizi FK Undip, Fitrityono Ayustaningwarno, S.TP., M.Si. yang menyampaikan materi tentang inovasi dan peluang produksi sportsfood serta bagaimana beberapa bahan makanan yang ada dalam makanan yang memiliki manfaat bagi Atlet sehingga dapat menghasilkan suatu produk untuk memenuhi dan mengembalikan nutrisi pada makanan Atlet.

Dilanjutkan oleh Head of HR & GA PT. Inasentra Unisatya, Sartono, S.H., yang menyampaikan materi tentang higiene dan sanitasi dalam proses produksi permen Atlet, dimana PT. Inasentra Unisatya ini telah menjalin kerja sama dengan Ilmu Gizi FK Undip selama 2 tahun terutama di bidang permen Atlet.

Sementara materi ketiga disampaikan oleh Chef Dodik Prakoso Eko Hery Suwandojo, S.ST. Par., M.M., CHE tentang Potensi dan Aplikasi Pangan Lokal Untuk Produk Sports Food. “Makanan merupakan kebutuhan dasar yang berada di piramida paling bawah bersama dengan kebutuhan dasar lainnya, namun tingkatannya akan berubah menyesuaikan tingkat kebutuhan seseorang.” ujar Chef Dodik Prakoso.

Selanjutnya acara diakhiri dengan kegiatan demo memasak oleh Chef Dodik Prakoso yang diikuti oleh para peserta workshop. (Putri Novita Ramadhani)

Share this :