Salah satu program dari Rektor Universitas Diponegoro (Undip) yakni pembagian makanan bergizi kepada mahasiswa Undip secara gratis. Kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan sejak launching pertama pada awal bulan September lalu. Pembagian makanan bergizi diadakan setiap hari Selasa dan Rabu mulai pukul 11:00 WIB. Saat ini lokasi pembagian makanan bergizi ditambah menjadi tiga titik di kampus Undip Tembalang yaitu di halaman Student Center Undip, selasar aula FPIK Undip, tempat parkir SA-MWA Undip, serta di kampus Undip Pleburan yang berlokasi di Auditorium Imam Barjo. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Dies Natalis ke-65 Undip dan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan mahasiswa Undip terlebih pasca pandemi Covid-19.

Dalam pidatonya saat launching acara pembagian makanan bergizi, Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. mengatakan bahwa jumlah makanan dan jumlah hari pembagian makanan akan ditambah secara bertahap di periode selanjutnya. Misi tersebut telah terwujud pada hari Selasa, 4 Oktober 2022 dimana jumlah makanan yang dibagikan bertambah dengan menu yang semakin variatif dan tentunya bergizi pula.

Supadmi, S.IP., Supervisor Subbagian Kesejahteraan Mahasiswa dan Layanan Alumni Undip menjelaskan bahwa dalam menjalankan program ini Bagian Kemahasiswaan Undip bekerjasama dengan KESMA BEM Undip. Untuk menu makanan dikoordinasikan dengan U-Food, dengan memperhatikan nutrisi  bermanfaat agar menambah energi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya. “Dalam satu hari kami membagikan 1450 porsi makanan, di kampus Undip Tembalang ada tiga titik masing-masing ada 400 porsi, dan di kampus Undip Pleburan ada 250 porsi makanan untuk dibagikan kepada mahasiswa,” ungkap Supadmi, S.IP. selaku koordinator pembagian makanan bergizi Undip.

Makanan bergizi berupa rice bowl dengan variasi menu berbeda tiap harinya kini dilengkapi dengan suplemen minuman sesuai dengan arahan langsung dari Rektor Undip. “Pembagian makanan bergizi merupakan agenda berkelanjutan sampai akhir tahun ini, dan semoga bisa berlanjut di tahun berikutnya,” tutur Supadmi, S.IP.