Semarang-Jawa Tengah (12/10). Universitas Diponegoro senantiasa mewujudkan nilai-nilai perjuangan Pangeran Diponegoro yakni salah satunya adalah peduli. Kepedulian tersebut diwujudkan dengan fasilitas bus kampus untuk mahasiswa. Bus kampus mulai beroperasi sejak awal bulan, tepatnya mulai Senin (3/10). Rencananya bus kampus akan dilaunching secara resmi oleh Rektor Universitas Diponegoro pada tanggal 28 Oktober 2022 mendatang.

Prof. Faisal, SE., M.Si., Ph.D. selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang berkesempatan didaulat menjadi Ketua Penyelenggara Dies Natalis ke-65 Undip kali ini menyampaikan bahwa Undip berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa. Sebelumnya Undip melakukan kegiatan pembagian makanan bergizi kepada mahasiswa Undip secara gratis. Pembagian makanan bergizi dilaksanakan setiap hari Selasa dan Rabu. Adapun lokasi pembagian makanan gratis yakni di halaman Student Center Undip, selasar aula FPIK Undip, tempat parkir SA-MWA Undip, serta di kampus Undip Pleburan yang berlokasi di Auditorium Imam Barjo. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyambut Dies Natalis ke-65 Undip dan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan mahasiswa Undip terlebih pasca pandemi Covid-19.

Mengenai bus kampus, Prof. Faisal menjelaskan tujuan diadakannya bus kampus diantaranya adalah untuk memfasilitasi mahasiswa berangkat dan pulang kuliah, menghindari kemacetan, juga memberikan kenyamanan dan keselamatan dibandingkan dengan berkendara sendiri. Selain itu menurut Prof Faisal, ketersediaan fasilitas bus kampus turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni tujuan ketiga kesehatan yang baik dan kesejahteraan. “Berkurangnya kendaraan pribadi di lingkungan kampus dengan adanya fasilitas bus kampus akan berdampak pada berkurangnya polusi udara dan polusi suara dari kebisingan deru kendaraan yang berpengaruh pada kualitas kesehatan. Kualitas kesehatan mahasiswa terjaga, dan juga sejahtera, karena lebih hemat pengeluaran dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi”, terang Prof Faisal.

“Kehadiran bus kampus akan sangat membantu dikarenakan transportasi umum yang sudah ada yakni BRT Trans Semarang aksesnya terbatas, belum menjangkau semua Fakultas”, tambahnya. Lebih lanjut dijelaskan bus kampus beroperasi mulai jam 07.00 pagi hingga sore jam 17.00 wib. Sementara saat ini masih tersedia 4 (empat) armada bus kampus. Adapun rute sementara yang dilalui bus kampus masih terbatas di lingkungan kampus dengan beberapa titik pemberhentian.

“Dengan memperhatikan animo dan respon positif dari mahasiswa, tidak menutup kemungkinan rute bus kampus akan diperluas hingga luar lingkungan kampus sehingga semakin memperluas akses mahasiswa menikmati fasilitas bus kampus”, pungkas Prof Faisal.

Share this :