,

Humas Undip Adakan Pelatihan Jurnalistik Untuk Tingkatkan Skill Menulis

Bagian Layanan Terpadu dan Humas Universitas Diponegoro menyelenggarakan acara Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Pelatihan Jurnalistik dalam upaya peningkatan peringkat Undip dalam pemeringkatan Webometrics”. Acara diselenggarakan di Noorman Hotel Semarang, pekan lalu.

Pelatihan ini bertujuan untuk membedah seluk beluk teknis penulisan berita. Kebutuhan menulis berita dalam lingkup instansi dinilai sangat penting untuk membangun citra positif Universitas.

Panduan jurnalistik dan pelatihan menulis release disampaikan oleh Septi Wulandari, Wartawan iNews TV. Septi dalam materinya, menjelaskan mengenai press release secara umum dan kiat-kiat penulisan press release agar press release yang dihasilkan oleh tim humas dapat efektif dan sesuai dengan target yaitu membangun citra positif Universitas.

“Usahakan masukkan berita yang penting dan unik untuk memperkuat berita yang dibuat serta unsur 5W1H harus diperhatikan” ungkapnya.

Lebih lanjut Septi menyampaikan pembuatan release yang terlalu panjang sangat tidak efektif karena malah membuat pembaca bosan membacanya. Penulisan yang efektif dan ideal, berita yang ditulis akan lebih banyak dibaca dan diunggah ke media luar.

Dengan adanya Pelatihan Jurnalistik ini diharapkan mampu mendorong, membekali dan meningkatkan kapasitas kepenulisan staf Layanan Terpadu dan Humas Universitas Diponegoro. Pelatihan ini akan mengembangkan kualitas artikel yang ditulis serta mendorong peningkatkan kualitas reputasi perguruan tinggi di bidang jurnalistik dan tidak menutup kemungkinan bidang lain terdorong untuk ikut maju. (Hanang, Wisnu, Putri/Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News