Universitas Diponegoro menerjunkan mahasiswa KKN tematik Marine Science Techno Park (MSTP) Teluk Awur Jepara, Tematik Lingkar Kampus Utama Tembalang, dan Tematik Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Kegiatan dilaksanakan serentak dari tanggal 24 Oktober sampai 30 November 2022 dan dilepas secara resmi oleh Wakil Ketua Bidang Pengabdian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Rahayu, S.H., M.Hum. pada Senin (24/10) di halaman gedung ICT kampus Undip di Tembalang.

Dalam sambutannya Prof. Rahayu menyampaikan bahwa dengan KKN Tematik ini program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa lebih fokus karena tema sudah ditentukan dari awal sehingga luaran kegiatan yang dihasilkan juga lebih tepat.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Rahayu menuturkan “Mahasiswa harus tetap menjaga nama baik pribadi ataupun lembaga, apalagi diera saat ini dimana media sosial menjadi sarana dalam penyebaran informasi, harus cerdas dan bijak bermedia sosial” ungkapnya.

Tema KKN diantaranya  KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Teluk Awur sebagai upaya Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat dengan Menerapkan Teknologi Tepat Guna, Inisiasi Pengembangan Sektor Hilir Tambak Udang Melalui Pelatihan Usaha Berbasis Ecopreneurship di Marine Science Techno Park Teluk Awur Jepara, Pemanfaatan Limbah Restoran dan Warung Makan di Pantai Teluk Awur sebagai Pupuk Organik untuk Peningkatan Pendapatan Warga Desa Teluk Awur, Pemberdayaan Potensi Wisata Pedesaan di Desa Teluk Awur Jepara, Pemberdayaan Melalui Diversifikasi Produk Perikanan bagi Masyarakat Desa Teluk Awur Jepara, Pendampingan Remaja dalam Program PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) untuk Tercapainya Penurunan Kejadian Stunting, Pengenalan Lingkungan Kampus Universitas Diponegoro Kepada Masyarakat Melalui Teknologi Audio Visual, Peningkatan Literasi Digital dalam Pelayanan Publik bagi Masyarakat Sekitar Kampus Utama Universitas Diponegoro,  Kaliku Bersih Kampusku Asri, Pemetaan dan Pengembangan Potensi Ekowisata Berbasis Inovasi dan Edukasi di Kawasan Kampus Undip Tembalang, nguri-uri kabudayan  jawi melalui pementasan kesenian rakyat kuda lumping, Pemberdayaan Ekonomi di lingkungan Kampus,  Revitalisasi Wisata “Dung Tungkul” Kali Rejosari, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Optimalisasi Potensi Eduwisata Peternakan dan Budaya di Kampung Tematik Seni Budaya Jurang Blimbing Tembalang, dan Peningkatan Keberdayaan Warga Mardi Utomo dalam Keberlanjutan Taman Wisata Pelangi. (Lin-Humas)

Share this :