, ,

Mahasiswa D3 Humas UNDIP KKL di Kehumasan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Sebanyak 45 mahasiswa D3 Humas Undip kampus Batang melakukan KKL di lingkup kehumasan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) di Gedung B Kantor Pemprov Jateng. KKL (Kuliah Kerja Lapangan) mahasiswa D3 Humas PSDKU Batang menyerap strategi kehumasan yang di bangun di lingkup Pemprov Jateng, baik dari sisi liputan, publikasi serta media monitoring.

Mohammad Wachju Alamsyah, S.H. Plt Kepala Biro Umum Pemprov Jateng menyambut baik harapan mahasiswa Undip untuk ber-KKL dan bahkan memfasilitasi jika ada yang berkeinginan lanjut mengikuti KKP atau magang di kehumasan Pemprov Jateng.

“Silahkan, kami sangat terbuka, jika mahasiswa berminat magang di kehumasan. Kami sesuaikan dengan kapasitas ruang yang ada di lingkup kehumasan,” terang Alamsyah saat menerima KKL Undip, Senin (31/10)  di Aula B 5 Gedung Setda Prov Jateng, Jl. Pahlawan Semarang.

Pada kegiatan KKL para mahasiswa berkesempatan berinteraktif dengan tim kehumasan Pemprov baik dengan Akhsin Dzul Qurnain dari bagian publikasi maupun Nadiva dan Puput bagian media relations serta bagian optimalisasi media sosial.

Akshin Dzul Qurnain, fungsional pranata Humas ahli muda, menggambarkan aktivitas kehumasan provinsi Jateng sangat dinamis dan bahkan jam kerjanya pun relatif beda dengan era humas pemerintahan di era yang lalu. Humas juga mengikuti kegiatan pimpinan yang bahkan acapkali sejak subuh sudah harus aktif, dan padahal semalam sebelumnya juga aktif meng up date agenda pimpinan bagi Gubernur, Wagub serta Sekda.

Orientasi kami, kata Akshin antara lain mendapatkan kepercayaan tinggi dari publik atau masyarakat. Berbagai cara dan strategi terus kehumasan lakukan. Ada kalanya kami lakukan publikasi dan liputan dengan tim yang lengkap..

“Misalnya kadang kami ajak dua fotografer atau videographer kami, karena teman yang satu fokus pada aktifitas Pak Gubernur Ganjar, dan teman fotografer lain mensupport foto foto bendungan yang gubernur kunjungi atau resmikan karena itu juga penting,” papar Akshin.

Sementara itu, Nadiva yang membidangi kerjasama media, sangat apresiatif dengan peran teman-teman media. Tugas kami juga melayani rekan-rekan media, mensuport liputan dan konten media massa. Apa yang kami lakukan sangat sangat dinamis, dan seringkali kami mengikuti harapan media.

Di sisi konten media sosial, Puput dari tim medsos nya kehumasan , menguraikan keragaman konten media sosial, karena media sosial yang ada pun juga masing-masing karakteristiknya berbeda beda.

“Diharap teman-teman mahasiswa juga berperan memerangi hoax”, ujar Akhsin. Ini penting karena rusaknya bangsa ini bisa jadi juga karena bertebarannya hoax. Peran mahasiswa disini sangat strategis, untuk bersama kita memerangi hoax, pungkas Akhsin Dzul Qurnain.

Dosen KKL D3 Humas, MJ Rizqon Hasani menerangkan, KKL (Kuliah Kerja Lapangan) berlangung dua hari mulai Minggu hingga Senin. Di hari pertama para mahasiswa dipandu Sutomo mendapatkan materi fotografi media, serta sekaligus diajak serta dalam Canon Semarang Photo Marathon 2022, yang berlangsung di Gedung Gradhika, Jl Pahlawan Semarang. Pada kesempatan kompetisi tersebut mahasiswa D3 Humas, Azizi memenangkan juara ke 3 kontes foto nasional tahunan tersebut yang didukung industri foto Canon. D3 Humas juga mendapatkan hadiah dari Canon dengan  kategori kepesertaan kampus yang cukup tinggi dalam event bergengsi bagi para  fotografer tersebut. Mendampingi KKL tersebut Ketua Prodi D3 Humas Undip kampus Batang, Dr. Adi Nugroho, M.Si  beserta para dosen pendamping.

Ketua Prodi D3 Humas bersama Fungsional Humas Pemprov
Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait