Semarang – Jawa Tengah (9/11). Universitas Diponegoro (Undip) sukses menyelenggarakan Upacara Wisuda ke-168 yang digelar sebanyak 11 tahap yakni mulai 1-4 November 2022, dilanjutkan tanggal 7-8 November 2022 bertempat di Gedung Prof. Soedarto, S.H. Kampus Undip Tembalang. Upacara Wisuda ke-168 diikuti sebanyak 2.559 wisudawan, yang meliputi program Doktor 35 orang, Magister 267 orang, Spesialis 52 orang, Profesi 51 orang, Sarjana 2.008 orang, Sarjana Terapan 80 orang dan Diploma III (D3) 66 orang.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D., dalam laporannya menyampaikan dari 2.559 wisudawan terdapat 19 wisudawan yang merupakan mahasiswa internasional yang lulus pada wisuda ke-168 Undip.

Mahasiswa internasional tersebut antara lain Mohamed Sallieu Jam-Jalloh (Sierra Leone) lulusan dari Magister Manajemen, Ahmed B. J. Shaath (Palestina) lulusan program Magister Teknik Sipil, dan Radharani Dasi Alzate Luna (Ekuador) lulus dengan gelar Magister Perencanaan Wilayah dan Kota.

Kemudian Ali Abdulraoof Taha Al-Maktari (Yaman) lulusan program Magister Teknik Kimia, Maddi (Myanmar) lulusan program Magister Administrasi Publik, dan Jacques Luis Alves De Jesus Soares (Timor Leste) lulusan Magister Ilmu Politik.

Selanjutnya ada 4 mahasiswa internasional lulusan dari program Magister Ilmu Lingkungan, yakni Marciano Borges Ximenes (Timor Leste), Delio Da Costa (Timor Leste), Augusto Almeida Da Silva (Timor Leste), dan Aloto Ximenes Belo Amaral (Timor Leste).

Selain itu, terdapat 6 mahasiswa internasional lainnya yang berhasil lulus dari program Magister Ilmu Linguistik, antara lain Syarifah Braheng (Thailand), Muniroh Bachoh (Thailand), Nurlaila Kengmalaphi (Thailand), Natan Ledvon (Republik Czech), Ahmad Muhammad (Saudi Arabia), dan Eman Abdallah Khalfallah (Sudan).

Serta 3 mahasiswa internasional lulus dengan gelar Magister Teknik Lingkungan, yaitu Marcal De Araujo Ferreira Babo Martins (Timor Leste), Mariana Da Costa Pereira (Timor Leste), dan Etelvina Salsinha Soares (Timor Leste).

Undip selaku Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia semakin memantapkan langkah menuju World Class University (WCU). Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak program studi di Undip yang telah terakreditasi internasional.

Selain itu, terdapat Diponegoro International Office (DIO) yang merupakan bagian dari sistem administrasi universitas yang menawarkan layanan kepada mahasiswa internasional, peneliti, dan mitra universitas lainnya. Diponegoro International Office (DIO) didirikan untuk menjawab kebutuhan mahasiswa internasional yang semakin meningkat.

Salah satu mahasiswa internasional sedang mengikuti upacara wisuda ke-168 Universitas Diponegoro