Site icon Universitas Diponegoro

Mahasiswa Teknik Elektro UNDIP Sabet Penghargaan Internasional pada ajang Indonesia Invention Day 2022 yang Diselenggarakan oleh Universitas Udayana

Semarang – Jawa Tengah (12/11). Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Diponegoro berhasil meraih prestasi internasional pada acara Indonesian Inventors Day (IID) 2022. IID 2022 hadir menjadi sarana kontribusi mahasiswa Indonesia dalam membangun Indonesia. IID hadir untuk memfasilitasi kreativitas mahasiswa Indonesia dalam berkarya melalui kolaborasi penelitian. Dengan adanya IID yang mengusung tema kolaborasi penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan secara komprehensif dengan solusi tepat guna untuk mencapai tujuan global dalam SDGs.

Tim yang terdiri dari Natanael Bagus Jatinendra, Prima Prasetyo Simanjuntak, Rifaldi Kallolangi, Willy Ng, Nanda Fitri Tsalatsa, Bernard Kenny Poya, dan Shifa Auliya Oktifyanindar berhasil meraih medali silver pada IID 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana pada tanggal 27-31 Oktober 2022.

Pada acara IID 2022, tim yang dipimpin oleh Natanael Bagus Jatinedra mengikuti kategori Protection of Environment, Energy, Water and Sanitation dengan membawa inovasi berjudul “Pump Automation System in Polder and Early Warning System to Anticipate Floods Based on Machine Learning and Internet of Things”.

Secara singkat, inovasi yang dibuat terdiri dari 2 sistem yaitu sistem deteksi banjir dan sistem pompa. Sistem yang telah dibuat memiliki banyak keunggulan seperti penggunaan Machine Learning yang mampu memprediksi terjadinya banjir dengan beberapa parameter seperti suhu, curah hujan, tinggi air, dan debit air. Selain itu, penggunaan Internet of Things memudahkan masyarakat untuk mengetahui kondisi sungai yang rawan akan banjir melalui smartphone.

Natanael Bagus Jatinendra, selaku ketua mengaku senang atas pencapain yang telah diraih. Beliau berharap agar inovasi yang masih dalam tahap prototipe mampu dikembangkan untuk menjadi suatu sistem yang memiliki dampak nyata bagi masyarakat.

Exit mobile version