Site icon Universitas Diponegoro

Mahasiswa Departemen Perikanan Tangkap, FPIK UNDIP Raih Medali Emas pada Ajang Tanoto Students Research Award 2022

Semarang – Jawa Tengah (12/11). Tanoto Student Research Award (TSRA) adalah program yang digagas oleh Tanoto Foundation sebagai kontribusi dalam mengembangkan potensi individu, membangun generasi tangguh pemimpin Indonesia masa depan, meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. TSRA 2022 diselenggarakan bersama Institut Teknologi Bandung dalam bentuk kegiatan interdisciplinary capstone design challenge (ICDC).

Pranata Candra Perdana Putra, Mahasiswa S1 Departemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Angkatan 2019 menjadi salah satu wakil dari 25 mahasiswa terpilih yang telah diseleksi dari beberapa tahapan. TSRA 2022 merupakan kompetisi inovasi mahasiswa untuk menawarkan solusi nyata bagi masyarakat pada kondisi dunia yang semakin menantang dan berubah dengan sangat cepat. Kegiatan dilakukan dalam bentuk kolaborasi multidisiplin, yaitu peserta TSRA 2022 dari berbagai latar belakang disiplin ilmu yang beragam bekerja sama dalam menciptakan inovasi solusi masyarakat.

Seluruh peserta TSRA 2022 membentuk tim kelompok yang anggota-nya terdiri dari mahasiswa dari Perguruan Tinggi berbeda, program studi dan fakultas yang berbeda, mencakup gabungan bidang sains, teknologi, seni, sosial dan humaniora. Pada tahun ini TSRA 2022 diikuti oleh 5 mitra Tanoto Fundation yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, IPB University, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia dengan total 125 delegasi.

Dengan gagasan, GALAKSI (Gagasan Laksana Terintegrasi) sebagai alat peraga pendidikan bidang sains astronomi yang dihubungkan dengan sistem elektronika berupa Internet of Things (IoT) yang bisa digunakan sebagai alat peraga untuk anak SD-SMP-SMA dalam memahami ilmu tata surya, menghantarkan salah satu delegasi Universitas Diponegoro ini mendapatkan Gold Medals in Interdisciplinary Capstone Design Challenge pada ajang Tanoto Students Research Award 2022, (6/11/2022). Pranata merasa bangga atas capaian tersebut karena bisa melanjutkan prestasinya setalah mendapatkan Silver Medals pada ajang Indonesia Inventors Day (IID) pada beberapa pekan sebelumnya yang di selenggarakan di Universitas Udaya, Bali.

Capaian prestasi yang diraih oleh Pranata tidak lepas dari dukungan orang tua, dosen Perikanan Tangkap dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Besar harapan Pranata prestasi yang telah diraihnya bisa menjadi batu loncatan awal untuk menjadi terdepan dalam berbagai hal, Pranata pun percaya dimanapun kita belajar untuk mengembangkan skill khususnya dalam bidang research terbuka luas bagi yang mau menjalaninya. Pranata berkata bahwa prestasi ini kami persembahkan untuk departemen saya, Perikanan Tangkap atas dedikasinya dalam membimbing saya selama 3 tahun ini, semoga prestasi yang saya raih bisa menjadi acuan semangat untuk mahasiswa lainnya, baik di lingkup Departemen maupaun Fakultas.

Exit mobile version