BATANG – Sebagai wujud dari  Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M), Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro (Undip) Kampus Batang mendorong pelaku UMKM  di sekitar kampus untuk mengikuti pelatihan Branding UMKM, pada Sabtu (12/11/2022). Pelatihan ini diadakan di Kampus PSDKU Undip Batang  dan difasilitasi oleh Program Studi D3 Hubungan Masyarakat dengan tujuan agar kampus yang terletak di Desa Tumbrep, Kabupaten Batang ini dapat berdampak pada lingkungan sekitar melalui kegiatan yang dilakukannya.

Dosen Program Studi  D3 Hubungan Masyarakat, Irawati Sri Wulandari S.I.Kom., M.I.Kom, sekaligus pemateri pada pelatihan Branding UMKM mengungkapkan, tujuan diadakannya pelatihan  ini adalah untuk mendorong perekonomian warga Desa Tumbrep yang mempunyai usaha UMKM sehingga menjadi lebih berkembang melalui branding produk.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat membantu warga sekitar agar usahanya bisa berkembang bahkan menjadi lebih besar lagi,” tutur Irawati.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Drs. Retno Dwi Irianto, MM selaku dosen senior PSDKU Undip Batang memberikan apresiasi atas terlaksananya Pelatihan Branding Produk UMKM.

“Sebagai mantan birokrat lebih dari 30 tahun, saya memahami kondisi Batang ini secara detail. Pelatihan branding ini dapat menjadi sarana untuk membingkai usaha mas dan mbak secara lebih professional,” ungkapnya saat memberikan sambutan pengarahan mewakili Ketua Lembaga Pengelola Program Studi Diluar Kampus Utama (LPPSDKU), Dr. Redyanto Noor, M.Hum.

Selama Pelatihan Branding, para pelaku UMKM antusias untuk mengikuti pelatihannya. Banyak dari mereka yang merupakan pelaku UMKM di bidang makanan dan usaha online fashion diajarkan bagaimana membranding usahanya bukan hanya sekedar asal memberi nama pada produk, melainkan perlu spesifikasi yang jelas agar dikenal banyak orang.

Irawati menambahkan, keikutsertaan pelaku UMKM tersebut pada Pelatihan Branding Produk UMKM ini nantinya akan direalisasikan  ke dalam kegiatan expo yang rencananya akan diadakan pada tanggal (24/11/2022) mendatang di area Kampus Undip Batang. Nantinya para pelaku UMKM akan difasilitasi stand  jualan agar mereka dapat membranding produknya kepada konsumen secara langsung dan memberikan kesempatan untuk promosi. Expo ini terbuka untuk umum dan terdapat juga kegiatan pameran karya mahasiswa di dalamnya.