Batang – Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro (Undip) Kampus Batang kembali menggelar berbagai pelatihan dalam  rangka mewujudkan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M), pada Sabtu (12/11/2022). Kegiatan yang digelar di Kampus PSDKU Undip Batang diikuti  sebanyak  20 orang pemuda setempat yang berada di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang.

Rangkaian Pelatihan yang diselenggarakan diantaranya yaitu Pelatihan Public Speaking, bersama dengan narasumber yang mumpuni di bidangnya karena merupakan dosen Program Studi Hubungan Masyarakat, MJ Rizqon Hasani, S.I.Kom., M.I.Kom dengan berbagai pengalaman sebagai trainer public speaking yang pernah dijalaninya.

“Nanti mas dan mba dapat belajar mengenai pentingnya belajar public speaking dari Mas MJ, terutama untuk berorganisasi atau untuk melamar pekerjaan,” ujar Dr. Drs. Retno Dwi Irianto, MM yang pada pelatihan ini memberikan sambutan pengarahan mewakili Ketua Lembaga Pengelola Program Studi Diluar Kampus Utama (LPPSDKU), Dr. Redyanto Noor, M.Hum.

Pelatihan Public Speaking ini dimaksudkan untuk menggali potensi warga sekitar mengingat banyak dari mereka yang berprofesi sebagai pelaku UMKM yang mengharuskan mereka bertemu dengan banyak orang, sehingga mereka memerlukan skill komunikasi yang baik untuk menarik minat orang untuk membeli produknya.

Dalam pemaparannya, MJ berpendapat bahwa dengan belajar public speaking kita belajar untuk menjadi orang yang confident atau percaya diri dan berani berkomunikasi.

“Dengan pelatihan ini saya ingin mengajarkan dan melatih mereka untuk berani dan mau berbicara di depan umum agar mereka juga bisa menyampaikan ide atau gagasannya dengan baik,” kata MJ.

Selama pelatihan public speaking peserta diajarkan tentang membentuk mindset tentang public speaking, bahwa berbicara di depan umum tidak semenakutkan seperti yang dibayangkan dan terdapat pula pelatihan pelafalan kosakata agar lancar ketika berbicara. Diberikan pula tips-tips yang dapat membantu untuk melatih public speaking peserta yang hadir sehingga harapannya setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat lebih lancar lagi dalam berbicara dan menyampaikan ide/gagasannya di depan umum.