Batang – Dosen Program Studi D-3 Hubungan Masyarakat, Nikolaus Ageng Prathama S.I.Kom., M.I.Kom. melakukan Pelatihan Digital Marketing bagi warga setempat  yang berada di sekitar lingkungan Kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro (Undip) Kampus Batang, Sabtu (12/11/2022). Pelatihan yang  terlaksana di Desa Tumbrep, Kabupaten Batang itu merupakan bentuk kepedulian Undip agar bermanfaat  bagi  semua orang, serta sebagai ucapan terima kasih kepada warga setempat selaku stakeholder Undip Kampus Batang yang diwujudkan melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M).

Pelatihan Digital marketing dipilih sebagai terobosan pemberdayaan masyarakat atas dasar di Desa Tumbrep ini, terdapat banyak pengusaha UMKM muda yang berbisnis dibidang makanan, jasa, dan bisnis online fashion.

Dalam sambutan arahannya, Dr. Drs. Retno Dwi Irianto, M.M. yang pada pelatihan ini mewakili Ketua Lembaga Pengelola Program Studi Diluar Kampus Utama (LPPSDKU), Dr. Redyanto Noor, M.Hum. mengatakan pelatihan digital marketing berguna untuk membantu bisnis rekan-rekan pengusaha UMKM muda.

“Saya kira, sekarang ini kita semua terutama pemuda perlu menguasai teknologi. Karena penting untuk membantu usaha mas dan mbak semua,” ujar Retno.

Pelatihan Digital Marketing dihadiri oleh warga setempat yang tergabung dalam  Karang Taruna dan warga sekitar yang mempunyai usaha. Dalam pelatihan ini, warga diajarkan tentang bagaimana mengelola akun media sosial instagram yang dapat digunakan sebagai media promosi Digital Marketing.

Selain itu dalam pelatihan Digital Marketing ini, warga juga diajarkan tentang bagaimana cara membuat nama produk dan caption yang menarik di media sosial, strategi marketing , serta bagaimana cara menarik konsumen lewat postingan produk di media sosial.

Dari kegiatan Pelatihan Digital Marketing yang merupakan Program Undip dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, harapannya dapat membantu warga setempat untuk mengembangkan usahanya dan memberikan pengetahuan baru bagi warga yang ingin membuka usaha UMKM.

Kegiatan Pelatihan Digital Marketing ditutup dengan sesi sharing dan diskusi yang diikuti warga secara antusias. Selama mengikuti pelatihan beberapa warga mengajukan pertanyaan karena warga baru pertama kali mengikuti pelatihan Digital Marketing dan hal ini merupakan pengetahuan baru yang mereka dapatkan.