Site icon Universitas Diponegoro

Dosen FPIK UNDIP Kenalkan Program Penjualan Online Berbasis E-Commerce di Desa Nyatnyono Kabupaten Semarang

Tiga dosen Departemen Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Diana Chilmawati, S.Pi., M.Si. selaku ketua Tim PKUM, Dr. Ir. Suminto, M.Sc. dan Ristiawan Agung Nugroho, S.Pi., M.Si. melakukan program pengabdian kepada masyarakat berbasis PKUM dengan mengenalkan program Budidaya Lele dan Sayur (Buleyur) dan pemasaran produk olahaan hasil budidaya perikanan berbasis e-commerce.

Mitra Usaha Kecil Menengah (UKM)/Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mardi Mulyo dan Siwarak Mina Sejahtera merupakan UKM/Pokdakan yang beralamatkan di Desa Nyatnyono, Kabupaten Semarang yang menjadi mitra pengabdian pada skema PKUM tahun ke-2 ini. Berdasarkan hasil kunjungan yang telah dilakukan, Pokdakan tersebut bergerak dalam bidang usaha budidaya ikan lele. Sebagian besar anggota pokdakan mitra kerja mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan budidaya pembesaran lele karena memiliki lahan yang sempit, rendahnya pengetahuan tentang teknologi hasil produksi lele dan rendahnya pengetahuan untuk memanfaatkan media sosial dan internet untuk pemasaran hasil produk budidaya lele dan sayuran dalam bentuk produk siap saji atau siap masak guna meningkatkan harga jual produk budidaya tersebut.

Program yang difokuskan pada tahun ini sebagai target luaran pengabdian berupa Aplikasi Teknologi Buleyur (Budidaya Lele dan Sayur) dan Pemasaran Hasilnya secara Online sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid 19 di Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Pelatihan dan pendampingan dilakukan secara continue oleh tim pengabdian dengan pertemuan secara langsung dan tidak langsung (daring). Kegiatan pengabdian di Pokdakan Mardi Mulyo dan Siwarak Mina Sejahtera dimulai dengan kegiatan pembesaran budidaya lele dan layur, dilanjutkan dengan pemanenan hasil budidaya dan proses pengolahan lele hasil Buleyur menjadi produk lele berbumbu siap masak/goreng dalam bentuk beku (frozen), dan dilanjutkan dengan sosialisasi pemasaran dengan menggunakan teknologi e-commerce. Tim pengabdian melakukan sosialisasi dan pendampingan berupa pembuatan akun Shopee, Facebook, Instagram, Tik-Tok Shop untuk penjulan hasil produk Buleyur dengan merk M-GOOD FISH. Selain perlengkapan budidaya lele dan sayur, hibah yang diberikan oleh Tim kepada pokdakan mitra yaitu berupa mesin es pendingin (freezer) dan mesin press guna mempermudah mitra kerja dalam melakukan pengemasan hasil budidaya lele yang siap masak/goreng.

Exit mobile version