Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Matching Fund Kedaireka Tahun Anggaran 2022 kepada 10 (sepuluh) penerima dana Matching Fund Kedaireka dari Universitas Diponegoro. Pada acara Opening yang dihadiri lebih dari 107 undangan antara lain para Dekan, Kepala Biro, Manager Inovasi , Manager Kerjasama, Kepala Kantor Pengadaan Barang dan Jasa, para Tim Pengusul penerima dana Matching Fund Kedaireka, Mitra Dunia Usaha dan Industri (DUDI) serta mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Matching Fund Kedaireka tersebut. Acara ini dibuka oleh Plt Sekretaris Ditjen Diktiristek, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, pada hari Senin, 7 November 2022 melalui media zoom untuk 3 Perguruan Tinggi yaitu Universitras Diponegoro, Universitas Andalas dan Universitas Sebelas Maret.

Rektor Universitas Diponegoro yang diwakili oleh Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kerja Sama Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah menyelenggarakan Program Mathing Fund Kedaireka sejak tahun 2021 dan dilanjutkan tahun 2022. Beliau menyampaikan bahwa Program Matching Fund Kedaireka sangat bermanfaat paling tidak dari 3 aspek utama. Pertama,  menjembatani hasil penelitian dari para peneliti agar dapat dimanfaatkan oleh industri. Kedua, menjembatani kebutuhan akan produk dari para pelaku Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang perlu diteliti oleh para peneliti Undip. Ketiga, mempercepat proses hilirisasi hasil riset dari Perguruan Tinggi khususnya Undip untuk bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat dan dunia industri. Oleh karena itu Universitas Diponegoro sangat mendukung program ini dan berharap akan semakin banyak peneliti Universitas Diponegoro yang mendapatkan pendanaan Program Matching Fund Kedaireka di tahun-tahun mendatang.

drh. Dian Wahyu Hardjanti, Ph.D. selaku Direktur Inovasi dan Kerjasama Industri menyampaikan bahwa, tahun ini terdapat 58 (lima puluh delapan). Tahap I terdiri dari 28 pengusul, tahap II terdiri dari 19 pengusul, 11 pengusul dari Universitas Diponegoro yang mengajukan proposal Macthing Fund Kedaireka dan 19 proposal telah lolos dan mendapatkan bantuan Pendanaan Program Matching Fund Kedaireka Tahun 2022.

Sejumlah 10 Tim Pengusul dari 19 pengusul yang lolos pendanaan mendapatkan kesempatan untuk dimonev oleh 26 orang evaluator  yang terdiri dari 14 orang evaluator subtantif yang berasal dari Perguruan Tinggi lain, 5 orang evaluator keuangan  dan 7 pendamping dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Monitoring dan evaluasi dilakukan secara intensif mulai dari pelaksanaan kegiatan (laporan progress kegiatan) yang harus jelas luaran serta ketercapaiannya dan manfaat program bagi mitra DUDI, masyarakat maupun mahasiswa peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Monev juga dilakukan dari sisi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan serta serapan anggaran dari dana yang diterima.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi dibagi dalam 2 (dua) mekanisme. Mekanisme pertama diperuntukkan bagi penerima dana diatas 1 Milyar dilaksanakan selama 1 hari penuh (09.00-16.30) sejumlah  3 (tiga) tim yaitu Prof. Drs. Sapto P. Putro, M.Si., Ph.D., Gemala Anjani , S.P., M.Si., Ph.D., dan Ali Khumaeni, S.Si., M.E. Masing-masing di Ruang Sidang Majelis Wali Amanat (MWA), Ruang Sidang Pimpinan MWA, dan Ruang Sidang Biro Inovasi dan Kerja Sama (BIKS).

Mekanisme kedua diperuntukkan bagi penerima dana dibawah 1 Milyar ( 500 juta – 999 juta) yang dibagi menjadi 2 sesi untuk 2 (dua) kelompok/tim. Sesi pertama (09.00 – 12.30), sesi kedua (13.00-16.30). Ketua Tim penerima dana ini diantaranya adalah Ahmad Ni’matullah Al- Baari, S.Pt., M.P., Ph.D., Dr. Sc.Anindya Wirasatriya, S.T., M.Si., MSc., Dr. Ir. Munasik, M.Sc., Joga Dharma Setiawan, B.Sc., M.Sc., Ph.D., Dr. Ir. Diana Rachmawati, M.Si., Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si., Dr.Eng. Munadi, S.T.,M.T. Monev untuk kelompok ini dilakukan di Ruang Sidang Senat Akademik (SA), Ruang Sidang Komite SA, Ruang Sidang Biro Komunikasi dan Bisnis (BKB), Ruang Sidang Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK).

Seluruh kegiatan monitoring dan evaluasi Program Matching Fund Kedaireka Tahun 2022 berjalan dengan baik dan lancar serta telah ditandatangani 10 Berita Acara Hasil Monev Program Matching Fund Tahun 2022 oleh 3 (tiga) pihak yaitu Tim Reviewer (3 orang) , Koordinator Perguruan Tinggi dan Ketua Tim.