Ropinov Saputro, S.E., M.M. sebagai salah satu tim P3M Universitas Diponegoro, menggelar pelatihan pembuatan produk unggulan desa di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Desa ini merupakan lokasi dimana kampus Undip PSDKU Batang berada. Kegiatan ini merupakan sejenis pengabdian kepada masyarakat bernama Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) yang dibiayai oleh LPPM Undip.

Tema kegiatan ini adalah pembuatan produk unggulan desa kemudian memasarkannya secara digital, maka kegiatan ini sudah berlangsung beberapa minggu sebelum acara pelatihan diselenggarakan. Tim mahasiswa Prodi D3 Administrasi Pajak Kampus Batang Undip, yang terdiri dari Mada Osamanti, Alfi Syahrin, Tsabita Via dan Adiyat Thariq, Rara Shofina, Salsabila Aurelia, Nurhikmah, Nazwa Eprilia dan Jauzia Gama Calula, sebelumnya melakukan observasi dan pengembangan produk gula aren cair dan potensi pemasarannya di bawah bimbingan Ropinov Saputro. Gula aren cair dipilih sebagai produk unggulan, selain berdasarkan hasil FGD dengan Kepala Desa dan para tokoh masyarakat, juga karena melimpahnya bahan baku yaitu pohon aren di Desa Tumbrep.

Pelatihan pembuatan produk unggulan diselenggarakan pada Minggu 6 November 2022 di Balai Desa Tumbrep Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Selain Kepala Desa Tumbrep, hadir para peserta pelatihan sebanyak 25 orang yang terdiri dari perwakilan PKK, BUMDES dan Karang Taruna Desa Tumbrep. Pelatihan dilanjutkan dengan pengenalan dasar-dasar pemasaran digital.

Hadir memberi sambutan yaitu dosen Undip PSDKU Batang, Dr. Drs. Retno Dwi Irianto, M.M. mewakili Ketua PSDKU Undip Dr. Redyanto Noor, M.Hum, mengajak masyarakat agar semangat belajar bersama akademisi Universitas Diponegoro, demi meningkatkan kapasitas diri sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal.

Hilirisasi produk dilakukan secara inisiatif oleh tim mahasiswa yang sering mengikuti kegiatan dosen pembimbingnya ini. Tim mengunjungi beberapa Coffee Shop di Kota Pekalongan untuk mendapatkan testimoni, dan di luar dugaan produk Gula Aren GUAREN mendapat respon positif dari para barista di Pekalongam. Mereka bahkan mengatakan ingin segera order produk GUAREN untuk dijadikan varian baru di Coffee Shop mereka.

“Tujuan dari semua kegiatan tri darma perguruan tinggi termasuk pengabdian kepada masyarakat ini adalah penerimaan masyarakat atas hasil inovasi/produk akademisi, istilahnya hilirisasi hasil kegiatan tri dharma. Alhamdulillah produk GUAREN kreasi Undip dan Desa Tumbrep sudah mendapat apresiasi dari mitra-mitra Coffee Shop”, ungkap Ropinov. Rangkaian beberapa P3M dosen ini direncanakan akan ditutup dalam sebuah acara pameran di depan para stakeholders termasuk Bupati Batang dan Rektor Undip beserta jajaran, pada Kamis 24 November 2022.