Semarang – Jawa Tengah (21/11). Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum. secara resmi melepas Tim Kontingen Undip yang tergabung dalam Kontingen Jawa Tengah pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-XVII Tahun 2022 pada Jum’at (18/11) di Ruang Sidang Rektor Gedung Widya Puraya, Kampus Undip Tembalang.

Mengawali sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum. memberikan apresiasi kepada atlet, pelatih, dan official tim yang akan menuju POMNAS ke XVII tahun 2022. “Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi untuk atlet, pelatih dan official yang mencurahkan waktu dan tenaga untuk meraih prestasi. Pencapaian prestasi ini menjadi salah satu cara menjaga nama besar Undip.” ucapnya.

Selain itu, prestasi yang diraih akan menjadi kebanggaan bagi seluruh civitas academica dan alumni Undip. “Hal ini sudah menjadi bukti bahwa Undip di setiap pemeringkatan selalu masuk di jajaran perguruan tinggi ternama di Indonesia. Tentu saja ini akan membuat para alumni Undip bangga dengan prestasi-prestasi kalian.” jelas Prof. Yos.

Prof. Yos berpesan kepada setiap atlet mahasiswa yang akan berlaga di POMNAS ke XVII tahun 2022 untuk tetap menjunjung tinggi jiwa ksatria dan kejujuran. “Menang atau kalah itu urusan nanti, tapi satu hal yang penting dari semua kegiatan ini adalah bagaimana memupuk jiwa ksatria dan jiwa yang jujur dalam berkompetisi.” tuturnya

“Hal ini yang selalu saya tekankan kepada teman teman dalam mengejar pemeringkatan di Undip bahwa kejujuran ada di atas segalanya. Saya tidak ingin memakai mahkota yang palsu.” tambah Prof. Yos.

Lebih lanjut, Prof. Yos menambahkan bahwa keselamatan dan kesehatan para atlet mahasiswa juga perlu diperhatikan. “Semoga diberi keselamatan dan kesehatan disana, serta bisa pulang dengan membawa prestasi.” pungkasnya.

Drs. Handojo Djoko Waloejo, M.Si. selaku Person In Charge (PIC) POMNAS ke XVII tahun 2022 kontingen Undip, dalam laporannya menuturkan POMNAS ke XVII tahun 2022 merupakan ajang multievent olahraga tingkat Perguruan Tinggi secara nasional yang diselenggarakan setiap 2 tahun pada tahun gasal dan merupakan representasi dan hasil pembinaan prestasi olahraga mahasiswa.

“POMNAS ke XVII seharusnya dilaksanakan pada tahun 2021, namun karena bersamaan dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 Papua, maka POMNAS ke XVII dilaksanakan pada tahun 2022.” jelas Handojo.

Handojo menambahkan POMNAS ke XVII tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 17-26 November 2022 di Universitas Negeri padang (UNP) Kota Padang, Sumatera Barat. “Pada kesempatan ini, Undip mengirimkan atlet mahasiswanya untuk 3 cabang olahraga (cabor) yaitu cabor Karate 13 atlet, cabor Taekwondo 1 atlet, dan cabor Atletik Tolak Peluru 1 atlet.” ucapnya.

Menurut Handojo, atlet-atlet yang diberangkatkan pada POMNAS ke XVII tahun 2022 adalah atlet-atlet terbaik yang telah lolos seleksi pada POMPROV Jateng yang telah dilaksanakan pada tanggal 1-9 September 2022 yang lalu.

“Kami siap menuju POMNAS ke XVII tahun 2022 ini dan siap bertanding secara sportif dan ksatria. Semoga atlet-atlet Universitas Diponegoro dapat membawa pulang medali dan prestasi yang membanggakan.” pungkas Handojo.