Semarang – Jawa Tengah (22/11). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) oleh UNICEF yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh berbagai negara di dunia termasuk kerusakan lingkungan, perubahan iklim, krisis makanan dan pertanian dan sebagainya memiliki 280 indikator. Dalam mencapai indikator tersebut, dibutuhkan peran pemuda sebagai agent of change dan generasi penerus bangsa.

Universitas Diponegoro (Undip) sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi unggul di Indonesia mendukung pelaksanaan SDGs melalui Undip SDGs Center dengan melaksanakan forum diskusi level internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya SDGs, memberikan tempat bertukar ide bagi mahasiswa, serta membentuk karakter pemimpin bangsa di masa mendatang.

Berkolaborasi dengan UI GreenMetric dan Sustainable Development Solutions Network (SDSN) Indonesia, Undip menyelenggarakan forum The 1st International Student Leaders Meeting 2022 dengan tema “Collective Actions for Transforming Sustainable Universities in the Post-Pandemic Time” pada 21-23 November 2022 bertempat di Hotel Novotel Semarang dan Marine Science and Techno Park (MSTP), Teluk Awur Jepara.

Rangkaian acara The 1st International Student Leaders Meeting 2022 meliputi International Conference, Forum Group Discussion (FGD), International Youth Declaration on Sustainability Issues, Eco-enzyme Workshop, dan Field Action: Mangrove Planting and Beach Cleaning yang akan dilaksanakan di MSTP Teluk Awur Jepara. Acara ini diikuti oleh 60 mahasiswa dari 14 negara, termasuk mahasiswa dari dalam negeri dan mahasiswa internasional.

Dalam sambutannya, Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Menyambut peserta forum internasional yang hadir di kota Semarang, kota dengan predikat The Best Sustainable City in Indonesia pada tahun 2022 menurut pemeringkatan UI Greenmetric. “Melalui forum ini, Undip memberikan relevansi SDGs yang aplikatif dalam kegiatan mahasiswa, termasuk simposium, konferensi serta kegiatan akademik dan non-akademik lainnya,” ucap Prof. Yos.

Implementasi SDGs terkait pendidikan diakselerasi untuk meningkatkan kesadaran atas pentingnya SDGs serta untuk membangun relasi internasional. “Semoga para peserta dapat menikmati acara ini dan mendapatkan pengalaman yang berharga,” kata Rektor Undip.

Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr. selaku Vice-Chair of Administration, Research and Development UI GreenMetric menyatakan bahwa forum ini merupakan sarana pembentuk karakter sustainable leaders. “Semoga acara ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun depan. Bersama-sama kita belajar tentang SDGs, kebudayaan baru, dan semoga ilmu bermanfaat dapat dibawa oleh delegasi mahasiswa untuk mendukung implementasi SDGs di negara masing-masing,” tuturnya.

Mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Tengah Drs. Muhammad Arief Irwanto, M.Si. menyebutkan pentingnya membentuk generasi muda untuk menjadi pemimpin yang lebih baik. “Saya percaya para pemuda hebat dan luar biasa. Untuk membangun negara, yang terpenting adalah membangun karakter. Pemimpin yang hebat mampu mengolah potensi yang ada untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya dalam pidatonya.

Prof. Dr.-Ing. Wiwandari Handayani dalam kesempatannya menjelaskan pentingnya forum ini bagi calon pemimpin masa depan untuk mempromosikan sustainability. “Ciptakan inovasi dan aksi transformatif untuk mewujudkan SDGs di masa depan.”

Acara dimeriahkan dengan pertunjukan tari dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Kegiatan The 1st International Student Leaders Meeting 2022 dilanjutkan dengan pemaparan dari keynote speaker dan Focus Group Discussion (FGD) di hari kedua dan penanaman mangrove di hari ketiga di Jepara. (Titis – Public Relations)