, ,

FPP UNDIP Latih Peternak di Kelurahan Meteseh Kota Semarang

Semarang – Jawa Tengah (24/11). Peternak di Dusun Rejosari Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang kota Semarang telah membentuk Kelompok Tani Ternak agar dapat lebih maju dalam budidaya ternak kambing.  Muhammad Machmudi, selaku Ketua KTT (Kelompok Tani Ternak) Maju Karya Bersama, menjelaskan bahwa dengan pembentukan kelompok maka penanganan kesehatan ternak maupun peningkatan kemampuan anggota dalam budidaya beternak dapat lebih mudah dilaksanakan. “Pengetahuan kami selaku peternak memang terbatas, karena beternak kami lakukan secara turun temurun. Sehingga kami perlu mendapat pelatihan dari para ahli” ungkap Machmudi.  Untuk itu KTT Maju Karya Bersama meminta Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro untuk dapat memberikan transfer ilmu dan teknologi bagi seluruh anggota kelompok.

Memenuhi permintaan masyarakat, FPP Undip menerjunkan Tim pengabdian untuk mengadakan kegiatan pelatihan bagi peternak kambing di Kelurahan Meteseh.  Ir. Sutrisno, M.P., selaku ketua Tim menjelaskan bahwa pelatihan pembuatan pakan merupakan salah satu upaya agar peternak dapat memelihara ternak secara ekonomis tetapi mendapatkan hasil yang optimal.  “Kalau kambingnya cepat gemuk, tapi biayanya murah, maka peternak akan semakin untung”, jelas Sutrisno di acara pelatihan pada Senin, 21 November 2022.  Ir. Eko Pangestu, M.P., anggota Tim, memaparkan teknik penyusunan pakan yang tepat dan ekonomis disertai dengan teknologi tepat guna dalam pengawetan pakan kambing. “Dengan pakan berkualitas dan diawetkan, maka peternak akan mengurangi waktu mencari rumput, jadinya bisa lebih banyak kesempatan berkumpul dengan keluarga” jelas Eko, yang disambut antusias oleh para peternak.

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim FPP Undip di wilayah kota semarang ini dilaksanakan dalam rangkaian percepatan tujuan  pembangunan nasional berkelanjutan (SDG’s).  Peningkatan pendapatan petani peternak kambing ini diharapkan akan menjadi contoh dan meningkatkan motivasi beternak bagi masyarakat di sekitar Meteseh.  Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat mengakhiri kemiskinan yang masih ada di masyarakat.

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait