Jepara (23/11) – Kegiatan hari ketiga dari acara The 1st International Student Leader Meeting (ISLM) 2022 dilaksanakan pada Rabu, 23 November 2022 bertempat di Marine Science Techno Park (MSTP), Universitas Diponegoro (Undip), Teluk Awur Jepara. Sebagai host dalam ISLM pada tahun ini, Undip mengajak peserta konferensi yang terdiri dari mahasiswa Indonesia dan mahasiswa internasional untuk meningkatkan kepedulian lingkungan yang merupakan agenda forum ini untuk membentuk sustainable leaders melalui aksi Sustainable Development Goals (SDGs).

MSTP Undip Jepara menjadi tempat pengembangan riset dan inovasi di bidang marine, yang memiliki berbagai fasilitas budidaya perairan seperti budidaya terumbu karang, teknologi karamba jaring apung sistem IMTA (Integrated Multi Trophic Aquaculture), teknologi budidaya udang vaname, tambak riset, hatchery, mesin asap cair, miniplant industry pengolahan ikan, dan masih banyak lagi.

Pada kegiatan kali ini, peserta The 1st International Student Leaders Meeting (ISLM) 2022 melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan budidaya perairan laut dan payau, yang meliputi Sustainable Shrimp Farming Mini Workshop, Mangrove Planting Action, Beach Clean Up. Para peserta diajak berkeliling area MSTP Undip Jepara, diawali dengan Sustainable Shrimp Farming Mini Workshop di mana dijelaskan mengenai tambak riset udang vaname serta budidayanya. Kemudian rombongan peserta dibagi menjadi 2 (dua) kelompok untuk mengikuti aktivitas menanam mangrove (Mangrove Planting Action) dan membersihkan area pantai MSTP Undip Jepara (Beach Clean Up).

Selanjutnya, Dr. Ir. Nurzainah Ginting, M.Sc. selaku Head of Eco-enzyme Team of UI GreenMetric World University Rankings Network (UIGWURN) melakukan demonstrasi sederhana mengenai cara kerja Eco-enzyme pada limbah rumah tangga.

Menutup acara ini, Dr. Junaidi, S.S., M.A. selaku Vice Chair of Program, Communication, and Partnership UIGM mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan semua pihak yang telah antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan The 1st International Student Leaders Meeting (ISLM) 2022 selama 3 (tiga) hari pada 21-23 November 2022. “It’s a wonderful event. Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat untuk kita dan masyarakat, serta menjadi memori yang indah bagi kita semua. Semoga sukses dan sampai bertemu lagi di event selanjutnya,” pungkasnya. (Titis – Public Relations)

Share this :