Dharma Wanita Persatuan Universitas Diponegoro secara virtual menyelenggarakan kegiatan pengajian dengan narasumber dr. Zaidul Akbar dengan tema Kembalikan Fitrah Tubuhmu, Jumat (25/11) dengan shohibul bait DWP Fakultas Kedokteran Undip.

Mewakili Ibu Asih Budi Astuti Yos Johan Utama, selaku Ketua DWP Undip, Ibu Krisma Irmayanti menyampaikan Dharma Wanita Persatuan Undip secara rutin melaksanakan pengajian.

“Semoga kegiatan ini memberikan banyak kebaikan, keberkahan, dan kebahagiaan. Kita semua yang hadir pengajian ini dapat mengambil hikmah dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari” tuturnya.

Sementara dalam sambutannya, Ketua DWP Fakultas Kedokteran Undip, Ibu Retno Nur Kadarwati mengatakan tema kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat besar, wawasan dan pengetahuan, serta pentingnya menjaga kesehatan .

Hadir sebagai pendakwah sekaligus praktisi medis, dr. Zaidul Akbar mengungkapkan jika kesehatan mental menurun, maka sistem kekebalan tubuh ikut turun, begitupun sebaliknya. Untuk menjaga daya tahan tubuh perlu memperhatikan kondisi tubuh dan juga emosi. Apabila masalah fisik dan emosi tidak segera ditangani akan membebani seseorang dan berakibat tidak sehat.

“Selanjutnya upaya untuk menjaga jiwa dan raga, diantaranya adalah dengan makan dan minum yang tidak berlebihan, berhati-hati dalam bertutur kata dan bersikap juga penting. Islam sangat memperhatikan mengenai urusan hati dan jiwa, misalnya dengan cara sholat, sodaqoh, zikir, atau ibadah-ibadah yang lain agar selalu menghubungkan hati dengan Allah. Dengan cara tersebut akan memberikan diri kita ketenangan dan kesehatan” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan berserah diri pada Allah akan mendapatkan kedamaian batin dan rasa curiga, was-was atau penyakit hati lainnya perlahan-lahan akan menghilang. Karena kita percaya bahwa segala sesuatu pasti sudah menjadi kehendak Allah dan tidak ada yang bisa mencegahnya. (Lin-Humas)

Share this :