Site icon Universitas Diponegoro

Pesan Rektor kepada 10 Tim Kontingen PKM UNDIP pada PIMNAS Ke-35: Junjung Tinggi Jiwa Ksatria dan Kejujuran

Dalam rangka mempersiapkan Tim Kontingen Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Diponegoro (Undip) untuk berkompetisi pada ajang final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022, Undip menggelar Pemusatan Pembinaan Tim Kontingen PKM Undip di Salatiga pada 25-27 November 2022.

Undip secara khusus menggelar berbagai kegiatan latihan dan pendampingan Tim Kontingen PKM Undip untuk mempersiapkan kesempurnaan artikel ilmiah, presentasi, poster, dan video sehingga nantinya dapat memperoleh medali dari berbagai kategori dan masuk sebagai nominasi juara umum.

Mengawali sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum. memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tim Kontingen PKM Undip yang akan berkompetisi pada PIMNAS ke-35 tahun 2022. “Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Kontingen PKM Undip. Terima kasih telah ikut bersusah payah dalam menegakkan nama besar Undip dengan mengikuti PIMNAS.” jelasnya.

Lebih lanjut, Prof. Yos berpesan kepada Tim Kontingen PKM Undip agar tetap menjunjung tinggi jiwa ksatria, kejujuran, dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Masalah menang dan kalah itu hanya masalah pencapaian, namun menjadi juara adalah ketika orang berhasil menjadi ksatria.” tutur Prof. Yos.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum. (kanan) bersama dengan Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. (kiri) saat memberikan sambutan di Pemusatan Pembinaan Tim Kontingen PKM Undip, Jum’at (25/11).

“Saya tidak ingin Undip memakai mahkota yang palsu. Apapun hasil yang didapat, kalian adalah juara dan bunganya Undip. Selamat berjuang dan harus semangat, setelah itu serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kami sangat bangga kalian sudah ikut menegakkan nama besar Undip. Tetap jaga kesehatan dan doa kami selalu menyertai kalian.” pungkas Prof. Yos.

Pada PIMNAS ke-35 ini, Undip berhasil meloloskan 10 Tim Kontingen PKM dan menduduki peringkat ketujuh Perguruan Tinggi dengan Tim Kontingen PKM terbanyak yang lolos ke tahap final PIMNAS ke-35. Sebanyak 10 Tim Kontingen PKM Undip nantinya akan berkompetisi pada PIMNAS ke-35 tahun 2022 yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada tanggal 30 November sampai dengan 04 Desember 2022.

Sebaran 10 Tim Kontingen PKM Undip yang lolos PIMNAS ke-35 tahun 2022 berdasarkan kategori PKM antara lain yaitu PKM Riset Eksakta (PKMRE) 3 judul, PKM Pengabdian Masyarakat (PKMPM) 2 judul, PKM Karsa Cipta (PKMKC) 1 judul, PKM Kewirausahaan (PKMK) 2 judul, dan PKM Video Gagasan Konstruktif (PKMVGK) 2 judul.

Adapun rincian asal Fakultas 10 Tim Kontingen PKM Undip, antara lain Fakultas Teknik 4 tim, Fakultas Sains dan Matematika 2 tim, Fakultas Kedokteran 1 tim, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 1 tim, dan Fakultas Hukum 2 tim.

PIMNAS ke-35 tahun 2022 diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai tuan rumahnya.

PIMNAS merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional.

 

Share this :
Exit mobile version