Site icon Universitas Diponegoro

UNDIP Melepas 10 Tim Kontingen PKM untuk Berkompetisi pada PIMNAS Ke-35 Tahun 2022

Universitas Diponegoro (Undip) secara resmi melepas 10 Tim Kontingen Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 Tahun 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Selasa (29/11) bertempat di Gedung SA-MWA Kampus Undip Tembalang.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Dosen Pembimbing dan Pendamping, serta mahasiswa peserta PIMNAS ke-35.

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada 10 Tim Kontingen PKM Undip. “Undip sangat berterima kasih kepada mahasiswa dan dosen yang tergabung dalam Tim Kontingen PKM Undip yang sudah bersusah payah mengeluarkan energi dan menghabiskan waktunya untuk mempersiapkan Kontingen PKM Undip dalam mengikuti PIMNAS ke-35 ini.” ucapnya.

Menurut Prof. Faisal, keikutsertaan 10 Tim Kontingen PKM Undip dalam PIMNAS ke-35 ini akan membawa nama baik Undip. “Sebuah universitas yang besar itu tidak hanya sekadar nama tapi salah satu indikatornya adalah partisipasi kita dalam kegiatan PKM dan PIMNAS ini.” jelasnya.

Lebih lanjut Prof. Faisal berharap Tim Kontingen PKM Undip dapat mengoptimalkan semua persiapan dan latihan yang sudah dilakukan beberapa hari yang lalu. “Usaha kita sudah maksimal, tinggal kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.” tutur Prof. Faisal.

“Mohon untuk tidak terlalu terbebani bahwa harus membawa juara tetapi prestasi dengan keikutsertaan ini kami sudah mengapresiasi dengan luar biasa. Selain itu juga prosesnya, karena proses itu yang menggambarkan bagaimana pembinaan PKM di Undip ini. Insyaallah di tahun 2023 seluruh Fakultas wajib berpartisipasi dalam PKM. Kita akan wajibkan dan kita akan jadikan indikator kinerja. Karena beberapa Fakultas adalah lumbung untuk penelitian. Kita sudah petakan bagaimana perjalanan PKM dan PIMNAS di Undip ini.” pungkasnya.

Sebaran 10 Tim Kontingen PKM Undip yang lolos PIMNAS ke-35 tahun 2022 berdasarkan kategori PKM antara lain PKM Riset Eksakta (PKMRE) 3 judul, PKM Pengabdian Masyarakat (PKMPM) 2 judul, PKM Karsa Cipta (PKMKC) 1 judul, PKM Kewirausahaan (PKMK) 2 judul, dan PKM Video Gagasan Konstruktif (PKMVGK) 2 judul.

Adapun rincian asal Fakultas 10 Tim Kontingen PKM Undip, antara lain Fakultas Teknik 4 tim, Fakultas Sains dan Matematika 2 tim, Fakultas Kedokteran 1 tim, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 1 tim, dan Fakultas Hukum 2 tim.

Seluruh Fakultas bersama dengan seluruh pimpinan Undip berkolaborasi mendukung Tim Kontingen PKM Undip pada ajang final PIMNAS ke-35 tahun 2022. Hasil dari PIMNAS ke-35 ini nantinya akan menjadi evaluasi agar dapat memperbaiki dan meningkatkan proses pembinaan PKM di Undip sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

 

Share this :
Exit mobile version