Semarang – Jawa Tengah (2/12). Torehan prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip). Mahasiswa Undip berhasil sumbang 9 medali bagi kontingen Jawa Tengah dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII tahun 2022 yang berlangsung pada tanggal 17-26 November 2022 di Universitas Negeri padang (UNP) Kota Padang, Sumatera Barat.

Uraian 9 medali tersebut antara lain cabor Karate memperoleh 3 medali emas, 1 medali perak, dan 4 medali perunggu, serta cabor Atletik Tolak Peluru mendapatkan 1 medali perak. Dengan raihan tersebut, mahasiswa Undip turut memberikan kontribusi medali bagi kontingen Jawa Tengah sehingga mengantarkan kontingen Jawa Tengah berhasil menduduki peringkat kedua pada POMNAS ke XVII tahun 2022.

Hingga penutupan POMNAS XVII tahun 2022 pada Sabtu (26/11) yang lalu, kontingen Jawa Tengah tercatat meraih total 89 medali dengan uraian 28 medali emas, 23 medali perak, dan 38 medali perunggu.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum. menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi kepada atlet, pelatih, dan official tim atas semua perjuangan dan pengorbanan pada POMNAS XVII tahun 2022.

“Saya ucapkan selamat kepada semua atlet, pelatih, dan official tim yang telah bertanding pada POMNAS XVII tahun 2022. Perjuangan dan pengorbanan yang diberikan telah mengharumkan nama Undip.” terang Prof. Yos.

“Apresiasi yang tinggi saya berikan kepada semua atlet yang telah menampilkan segenap kemampunannya untuk menjadi juara. Serta untuk yang belum berhasil, harus tetap semangat dan terus berlatih mempersiapkan diri. Masih banyak kesempatan yang ada. Kalian semua telah menjaga nama besar Undip.” tambahnya.

Drs. Handojo Djoko Waloejo, M.Si. selaku Person In Charge (PIC) POMNAS XVII tahun 2022 kontingen Undip mengungkapkan bahwa pada POMNAS XVII tahun 2022 ini, Undip mengirimkan atlet mahasiswanya untuk 3 cabang olahraga (cabor) yaitu cabor Karate 13 atlet, cabor Taekwondo 1 atlet, dan cabor Atletik Tolak Peluru 1 atlet.

Secara umum POMNAS XVII tahun 2022 diikuti sebanyak 2.985 atlet yang berasal dari 408 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat 14 cabor yang dipertandingkan, yakni Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang, Sepak Takraw, Bulu Tangkis, Panjat Tebing, Karate, dan Taekwondo.

Share this :