Pada Sabtu (03/12/2022), serangkaian acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 Tahun 2022 yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) resmi ditutup. Acara penutupan sekaligus diisi dengan mengumumkan pemenang PIMNAS ke-35. Terdapat dua kategori kompetisi, yaitu Kategori Poster dengan tiga peringkat penghargaan, Penghargaan Setara Perunggu, Penghargaan Setara Perak, dan Penghargaan Setara Emas. Kategori kedua yaitu Kategori Presentasi dengan tambahan peringkat penghargaan, Penghargaan Juara Terfavorit. Penghargaan diberikan kepada para tim pemenang di setiap bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Khanuun Maulida Puspita H, mahasiswa Teknik Komputer angkatan 2020 bersama timnya dalam bidang PKM-PM 2 (Pengabdian Masyarakat) berhasil mendapat Penghargaan Setara Emas. Tim yang terdiri dari: Felisiana Ardelia Azzahra (Teknik Komputer 2020), Addien Safriya Ramadhani (Akuntansi 2020), dan Ahmad Reihan Alavi (Informatika 2021) dengan judul “Mertamu Budaya: Digitalisasi Edukasi Berbasis Board Game sebagai Katalisator Pengenalan dan Pelestarian Budaya Indonesia di KBSI Semarang” menjadi pemenang dalam ketegori poster.

Karya inovatif Mertamu Budaya telah mendapatkan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, berupa Surat Pencatatan Ciptaan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sejak 25 Agustus 2022 yang lalu.

Tim PKM-PM 2

Selain itu, Muhammad Ilham (Teknik Komputer 2019) dan Chairullatif Aji Sadewa (Teknik Komputer 2019) yang tergabung dalam tim PKM-K dengan judul “Inovasi Storybook Pembentukan Karakter Anak dengan Augmented Reality Berbasis Aplikasi Android dan Permainan Edukatif sebagai Media Edukasi Interaktif”, serta Muhammad Fathan Mubiina (Teknik Komputer 2021) yang tergabung dalam tim PKM-VGK dengan judul “Bluetime School: Konsep Sekolah Maritim dengan Pendekatan Ekologi Arsitektur Berbasis Blue-Tech Education demi Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia” berhasil mengikuti kompetisi PIMNAS ke-35 dengan mempresentasikan hasil karya mereka.

Pencapaian prestasi ini berhasil diraih atas berkah dari Allah SWT dan tentunya kerja keras dari para mahasiswa dan dukungan dari keluarga, dosen pembimbing Tim PKM Dania Eridani S.T., M.Eng., dan Risma Septiana S.T., M.Eng., beserta dosen dan sivitas akademika lainnya. Prestasi ini juga pastinya memacu semangat juang di masa depan bagi para mahasiswa maupun dosen di Teknik Komputer agar semakin menjadi lebih baik dalam berkarya.

Terimakasih dan selamat kami ucapkan kepada seluruh mahasiswa Teknik Komputer Universitas Diponegoro yang telah berjuang di ajang PIMNAS Ke-35 Tahun 2022. Selalu semangat berjuang dalam mencapai prestasi di kesempatan lainnya. Kami bangga terhadap kalian.

Risma Septiana S.T., M.Eng. bersama para mahasiswa Tim Kontingen PKM Teknik Komputer Undip

Dania Eridani S.T., M.Eng. bersama dengan Tim PKM-PM “Mertamu Budaya”

Share this :