Semarang – Jawa Tengah (13/12). Implementasi visi Universitas Diponegoro (Undip) menjadi universitas riset yang unggul mencakup berbagai sektor termasuk melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs). Upaya Undip menjadi bagian dari sustainable cities (goal 11) dan mendukung climate action (goal 13) dengan membangun kampus hijau ramah lingkungan mendapat apresiasi dari UI GreenMetric World University Rankings 2022 sebagai The 2022 2nd Most Sustainable University in Indonesia. Selain itu pengelolaan yang diupayakan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan (goal 4), penyediaan air bersih dan sanitasi yang layak (goal 6) terjaminnya ketersediaan energi yang terjangkau, berkelanjutan dan modern (goal 7), melindungi ekosistem dan kelestariannya (goal 15) serta menguatkan sarana pelaksanaan dan revitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan (goal 17).

Penghargaan ini adalah Hattrick bagi Undip yang berhasil meraih dan mempertahankan peringkat ke-2 nasional sebagai Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia secara berturut-turut pada tahun 2020, 2021, dan 2022. Selain itu Undip berhasil menduduki peringkat ke-4 di level Asia dan ke-29 di level Dunia pada pemeringkatan UI GreenMetric 2022.

Pemeringkatan UI GreenMetric adalah pemeringkatan kampus internasional berlandaskan tiga pilar yaitu lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial dengan enam indikator yaitu Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

Pada tahun ini terdapat 1050 kampus dari 85 negara di dunia, meliputi 126 kampus di Indonesia yang masuk dalam penilaian UI GreenMetric Rankings 2022. Dalam membangun lingkungan kampus yang hijau, Undip berkomitmen untuk menjaga kelestarian ekosistem. Pembangunan berkelanjutan ramah lingkungan antara lain dengan penanaman pohon dan pembangunan taman kampus, pembangunan jogging track dengan ekosistem hijau, serta pemeliharaan sungai di sekitar Undip bersama warga sekitar.

Penghargaan dari UI GreenMetric World University Rankings 2022 kepada Undip diterima langsung oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. di Balai Sidang UI Depok pada 12 Desember 2022 lalu. Dalam Pidato yang disampaikan sebagai penerima Penghargaan Peringkat ke-2 UIGreenMetric , Prof Yos menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan khusus nya kepada UI GreenMetric yang telah memberikan penghargaan untuk capaian Undip selama 3 kali berturut-turut. Hal ini juga sebagai bukti bahwa Undip mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan sebagai kampus hijau, berkelanjutan, dan nyaman untuk semua sivitas akademika dalam kehidupan dan berkegiatan di sekitar kampus, serta sebagai bagian dari implementasi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun global (dunia), lanjut Prof Yos.

Prof Yos, selaku Rektor menyampaikan “Terima kasih kepada seluruh civitas academica dan keluarga besar Undip atas kontribusinya mewujudkan Undip sebagai Sustainable and Green Campus. Semoga Undip menjadi kampus yang nyaman dan dapat membawa kesejahteraan bagi seluruh sivitas dan keluarga besar Undip.

Share this :