Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Undip menyerahkan sertifikasi kompetensi tenaga kependidikan Undip dari berbagai pelatihan sepanjang tahun 2022 kepada 161 peserta bertempat di Gedung Prof. Soedarto, S.H pada Rabu (11/1). Dalam laporannya Kepala BPSDM, Prof. Ir. Mochamad Arief Budiharjo, S.T. M.eng.Sc, Env. Eng, Ph.D, IPM menyebutkan ” terhitung 10 dari 34 pelatihan atau sekitar 30% dari total pelatihan yang dilaksanakan oleh BPSDM Undip pada tahun 2022 merupakan Pelatihan Bersertifikat Kompetensi”. Diantaranya Pelatihan K3 Penanggulangan Kebakaran bagi Petugas Peran Kebakaran Kelas D; Pelatihan dan Sertifikasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Kerja; Pelatihan dan Sertifikasi K3 Dasar; Uji Sertifikasi Kompetensi Pustakawan Undip Tahun 2022; Pelatihan Satpam Tingkat Gada Pratama; Pembekalan dan Sertifikasi Teknisi Laboran Internasional; Training dan Sertifikasi Kompetensi Higiene Industri Muda; Pelatihan dan Sertifikasi Uji Kompetensi BNSP Perpajakan; Pembekalan dan Sertifikasi Master of Ceremony serta Pelatihan dan Sertifikasi Manajemen Resiko Universitas Diponegoro Tahun 2022.

“Dari beberapa pelatihan sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan tidak semua peserta dinyatakan lolos 100%. Terdapat 2 dari 10 pelatihan tersebut yakni pelatihan perpajakan dan K3 dimana tingkat kelulusannya tidak mudah diraih. Tindak lanjut kegiatan sertifikasi kompetensi ini diharapkan bermanfaat pada peningkatan sumber daya karena telah memiliki sertifikat kompetensi, penerapan ilmu/ kompetensi pada bidang/unit kerja masing-masing dan mendukung Undip ke depannya, juga adanya refreshment kompetensi dalam jangka waktu tertentu dengan melakukan pengukuran kompetensi diimbangi dengan pengukuran pelayanan serta mampu merencanakan pelatihan kompetensi selanjutnya di tahun 2023 untuk mendukung sertifikat kompetensi yang sudah dimiliki.” imbuhnya.

Ucapan selamat dan terima kasih atas partisipasi tendik Undip disampaikan oleh Wakil Rektor Sumber Daya Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. Dalam sambutannya, Prof Heru menegaskan peningkatan kompetensi, skill, knowledge, kemampuan tenaga kependidikan merupakan hal penting yang memang harus dilakukan. Tidak ada suatu kemajuan signifikan tanpa mempunyai SDM yang baik. Apakah itu pelatihan in house training atau pengiriman ke beberapa lembaga di luar Undip adalah bentuk peningkatan SDM Undip baik untuk dosen maupun tendik sesuai program Tahun 2019.

Beliau juga menyampaikan sebagai tenaga pendidikan tidak boleh statik dalam ilmu pengetahuan, skill maupun keterampilan. Tendik harus mempunyai pengetahuan baru, skill baru, berani mengimplementasi/ mempraktekkan dalam pekerjaan sehari-hari maka pelayanan itu pasti akan semakin baik. “Mudah-mudahan tendik tidak pernah lelah untuk mengembangkan diri dan ketika pilihan/ keinginan kita untuk tidak lelah mengembangkan diri, Insyaallaah Undip akan semakin besar serta kita pun akan semakin besar” pesannya. (Diah – Humas)

Share this :