, ,

Gelar Edukasi dan Simulasi Kebakaran, Mahasiswa UNDIP Buat Warga Sragen Takjub

Sragen-Jawa Tengah. KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Diponegoro mengadakan edukasi dan simulasi terkait penanggulangan kebakaran kepada anak sekolah dan warga sekitar bersama Pemadam Kebakaran Kab. Sragen, berlokasi di Lapangan Towo, Desa Denanyar, Kec. Tangen, pada Sabtu (28/01). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja monodisiplin mahasiswa KKN Universitas Diponegoro.

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sragen hadir langsung sebagai simulator atau peraga dari bagian simulasi ini. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Desa Denanyar dan dihadiri oleh perangkat desa, 3 Sekolah Dasar, 1 MTs dan 1 TK serta warga sekitar di Desa Denanyar ini, kurang lebih mendapat dukungan dari 250 peserta yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Desa Denanyar merupakan salah satu desa yang mengalami kekeringan dan panas yang terbilang ekstrim sehingga kebakaran berpotensi menjadi masalah bagi warga Desa Denanyar ketika musim kemarau tiba. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut sekaligus bertepatan dengan bulan K3 Nasional, menjadi alasan mahasiswa KKN Undip menyelenggarakan kegiatan ini.

“Bersama Pemadam Kebakaran saya ingin menumbuhkan generasi muda Desa Denanyar yang tanggap akan bencana terutama kebakaran,” Jawab Naufal Azka Riadi, mahasiswa Teknik Perkapalan Undip, selaku pelaksana kegiatan sekaligus mahasiswa KKN Universitas Diponegoro ketika ditanya mengapa melaksanakan kegiatan ini oleh Pak Anton selaku perwakilan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Sragen.

Kegiatan tersebut menjadi luar biasa bahwasanya pertama kali Mahasiswa KKN mengundang Pemadam Kebakaran Kab. Sragen untuk melakukan simulasi kepada warga Sragen, dan mobil pemadam kebakaran yang terbilang hal baru nan unik untuk warga Desa Denanyar, kegiatan tersebut sudah cukup bisa untuk mengundang warga sekitar untuk keluar rumah dan mengikuti kegiatan tersebut.

“Asyik banget yo mas, hebat. Rugi ini mas kalo ada yang gak ikut!,” Ucap Khanza salah satu peserta dari Sekolah Dasar Negeri 1 Denanyar.

“Harapan saya kegiatan ini dapat berkesan dan warga, anak sekolah mendapat ilmu yang bermanfaat kedepannya. Acara sebesar ini tidak terlepas dari tim KKN Undip Denanyar yang telah membantu keberjalanannya serta terimakasih kepada Bu Riza Susanti selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah membimbing dan mensupport saya dari awal,” Ujar Naufal Azka Riadi selaku pelaksana acara selepasnya kegiatan selesai.

Di bawah bimbingan DPL Kec. Tangen, Ibu Riza Susanti, S.T., M.T., Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si. dan Dr. Sri Isdadiyanto, S.Si., M.Si., mahasiswa KKN di kecamatan Tangen Kabupaten Sragen diarahkan untuk dapat menjalankan program kerja yang inovatif, aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait