Semarang – Jawa Tengah (30/1). Universitas Diponegoro meluluskan 3.037 orang pada upacara wisuda ke-169 Universitas Diponegoro yang dilaksanakan dalam 12 tahap, yakni mulai tanggal 30 Januari – 3 Februari 2023 dan dilanjutkan pada 6 Februari 2023, bertempat di Gedung Prof. Soedarto, S.H. Kampus Undip Tembalang.

Dalam laporannya Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan bahwa wisuda kali ini diikuti oleh sebanyak 3.037 orang wisudawan, yang meliputi program Doktor 59 orang, Magister 323 orang, Spesialis 83 orang, Profesi 396 orang, Sarjana 2.067 orang, Sarjana Terapan 76 orang dan Diploma III (D3) 33 orang. Sampai dengan wisuda periode ini, jumlah lulusan Undip telah mencapai 247.617 orang. Dari total 3.037 yang wisuda pada periode ini, 1.593 wisudawan atau 52.45% diantaranya memperoleh predikat cumlaude.

“Sebagai upaya kontribusi untuk menjaga sinergi, antara undip dengan para lulusannya, Undip sangat mengharapkan kerjasama dari alumni untuk terus memberikan umpan balik melalui https://tracerstudy.undip.ac.id. Semoga wisudawan senantiasa sukses meniti karir dan selalu menjadi teladan yang baik dalam masyarakat, kami sungguh bangga atas pencapaian akademik yang diperoleh para wisudawan” ungkap Prof. Faizal.

Pada kesempatannya, Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama S.H., M.Hum. mengatakan bahwa Undip merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dan memiliki banyak prestasi, diantaranya peringkat 1 (satu) Nasional tahun 2021, 2022 Universitas yang alumninya paling cepat dapat kerja, peringkat 2 (dua) Nasional tahun 2020, 2021, 2022 versi UI Greenmetric, dan prestasi membanggakan lainnya Undip menempati peringkat 2 (dua) nasional versi AD Scientific Index 2022. Undip juga selalu ada dalam 5 (lima) besar universitas yang paling diminati.

“Sejatinya kesuksesan bukan hanya dilihat dari kekayaan dan status sosial semata, namun lebih kepada nilai luhur yang sesungguhnya yakni seberapa besar diri kita bermanfaat bagi orang lain. Kesuksesan adalah seberapa besar upaya kita untuk membantu membahagiakan orang lain, bukan sebaliknya merugikan atau menyusahkan orang lain” tuturnya.

“Menjadi Alumni Undip diutamakan memiliki pribadi yang jujur, adil, berani dan peduli. Jujur dalam tindakan dan ucapan, adil dalam setiap pilihan kebijakannya, berani berkata benar sesuai hati nuraninya dan mempunyai rasa peduli kepada sesama umat manusia. Kesuksesan adalah jika kita bisa ‘dadi menungso sing bener lan aja keblinger’ walaupun mungkin tidak banyak berharta, mungkin pula tidak terlalu berpangkat, tetapi berjiwa merdeka sehingga berani berkata benar sesuai hati nurani. Dan sesungguhnya makna sukses sebagai alumni Undip adalah menempatkan orientasi dirinya sebagai pribadi yang tawadhu dan selalu berorientasi kepada pemikiran kemanfaatan bagi orang lain” pungkas Rektor. (Lin/Nuril/Rafi– Humas)

Share this :