“Awal menjadi mahasiswa baru tahun 2019, saya pernah menjadi juara 1 dan best presentation lomba esai tingkat nasional di Universitas Airlangga. Tahun 2020 beradaptasi dengan adanya corona dengan tetap mengikuti lomba tingkat nasional secara online di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 2021 mulai berorganisasi seperti organisasi internal  mengikuti UKM Riset dan Bisnis Universitas Diponegoro dan organisasi eksternal yaitu Model United Nations. Mulai mengikuti dan memenangkan banyak kejuaraan internasional nasional dengan event yang bergengsi seperti Gold Award Darulaman International Innovation, Competition, and Exhibition 2021 (DilCE’21) dari Kementerian Pendidikan Malaysia dan Juara II pada Lomba Esai Kearsipan Nasional di Universitas Indonesia” ungkap  Silvi Sitaviana, Wisudawan Undip ke-169 dari Program Studi Sarjana Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat Sekolah Vokasi Undip dengan IPK 3.73.

Silvi menuturkan ia juga aktif mengikuti berbagai kompetisi, diantaranya lomba bidang ilmiah (LKTI dan Esai) tingkat nasional dan internasional. Ia juga mengikuti pertukaran pelajaran secara virtual dari Asia University. Awal tahun 2022 mendapat undangan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk bergabung menjadi penulis di Jurnal Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia. Selain itu, iya juga menjadi Mahasiswa Berprestasi II Sekolah Vokasi Undip setelah melewati serangkaian seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Sekolah Vokasi Undip 2022. Kegiatan lain adalah student exchange di Asia University, dan ikut dalam organisasi internal UKM RnB 2021, beberapa Model United Nations tahun 2021, dan magang di beberapa instansi seperti Model United Nations dan instansi pemerintahan, volunteers di berbagai acara sosial, publikasi artikel ilmiah terindeks SINTA 4 dan prosiding, sertifikasi, MC, pembicara dan juri dalam berbagai seminar dan webinar, baik nasional maupun internasional yang membahas tentang mahasiswa berprestasi, penulisan ilmiah, Model United Nations.

“Organisasi dan pendidikan ibarat jarum dan benang yang tidak bisa terpisahkan. Organisasi merupakan wadah implementasi secara praktik dari ilmu atau teori yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan. Maka dari itu generasi muda jangan menyiakan waktu di usia muda, explore banyak hal di perkualiahan dan organisasi karena itu akan berguna di kehidupan setelah lulus”

“Undip bukan hanya tempat untuk menuntut ilmu tetapi telah menjadi rumah kedua bagi saya. Saya mendapatkan banyak kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar perkuliahan, memiliki dosen-dosen yang memberikan banyak wawasan baik materi perkuliahan maupun persiapan pasca kampus, kemudahan dalam sistem administrasi kampus, dan fasilitas yang mendukung selama perkuliahan di kelas maupun online. Terima kasih dan jaya selalu Undip!” pungkas Silvi. (Lin/Joshua-Humas)

Share this :