Site icon Universitas Diponegoro

KUI UNDIP Mengadakan Sosialisasi Persiapan Bahasa Inggris bagi Calon Awardee IISMA 2023

Semarang – Jawa Tengah. Kantor Urusan Internasional Universitas Diponegoro (KUI Undip) kembali mengadakan sosialisasi IISMA 2023. Acara tersebut mengangkat topik 2nd Round IISMA 2023 Preparation (Tips and Tricks for Langauge Proficiency Test) pada Rabu (01/02). Acara ini merupakan kegiatan lanjutan dari Sosialisasi IISMA 2023 yang telah terlaksana pada Selasa (24/01). Pada kesempatan tersebut, KUI Undip mengundang tiga pembicara yang merupakan awardee dari  IISMA dan IISMAeVo 2022, yaitu Felda Adisti (Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik), Widya Kania Rusminar (Program Studi Informasi dan Humas, Sekolah Vokasi), dan Jessica Nathania (Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Acara dimulai pukul 10.05 WIB, dengan diawali pembukaan dari MC serta dilanjut sambutan dari Diastama Anggita Ramadhan, LLM. selaku Wakil Kepala Kantor Urusan Internasional Undip. Beliau juga memoderatori jalannya acara webinar kali ini. Sesi berikutnya diisi dengan materi dari Felda Adisti, salah satu awardee untuk University British of Columbia, Kanada. Pada paparan materinya, ia memberi tips mengenai penulisan motivation letter yang baik. Felda menyarankan agar menggunakan Star Method, yang berstruktur situation, task, action, dan result.

Sesi selanjutnya, diisi oleh awardee dari Coventry University, UK (Widya Kania Rusminar) dan University of Glasgow, UK (Jessica Nathania). Pada materi selanjutnya, Widya dan Jessica memberikan trik untuk mendapatkan skor TOEIC dan IELTS secara optimal. Agenda selanjutnya dibawakan oleh Widya, salah satu IISMA awardee 2022. Ia juga menceritakan pengalamannya selama persiapannya pada tes TOEIC. Widya menegaskan bahwa mahasiswa harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya sebelum melaksanakan tes kemampuan bahasa Inggris tersebut.

Berbeda dengan materi sebelumnya yang berfokus pada test TOEIC, sesi terakhir diisi dengan materi dari Jessica mengenai tes kemampuan bahasa Inggris IELTS. Dia menyampaikan dalam pemilihan host university, calon awardee harus melakukan research terlebih dahulu terhadap minimal skor IELTS universitas yang dituju. Ia juga menjelaskan bahwa tes IELTS memiliki kredibilitas tinggi dibanding tes kemampuan bahasa Inggris lainnya. Pada akhirnya, dalam persiapan untuk ujian kemampuan bahasa asing, calon peserta harus mempersiapkan dengan sungguh-sungguh agar hasil yang diharapkan tercapai secara maksimal. (AR-AH)

Kontak:

Diponegoro International Office

WhatApps : +62 887-0662-5400

E-mail : io@live.undip.ac.id

 

Share this :
Exit mobile version